Terlambat 32 Jam, Ratusan Pemudik Terlantar

Senin, 29 September 2008 – 22:00 wib, Amir Sarifudin – Okezone

BALIKPAPAN – Ratusan pemudik yang akan berlayar menggunakan KM Safira Nusantara terlantar di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pasalnya, kapal milik PT Prima Vista mengalami keterlambatan keberangkatan lebih dari 32 jam.

Dari jadwal yang ada KM Safira akan berangkat dari Pelabuhan Semayang Minggu (28/9/2008) pukul 08.00 Wita, namun kapal baru berangkat pada Senin (29/9/2008)pukul 16.00 Wita. Ini dikarenakan kapal mengalami keterlambatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Sebagian dari penumpang tersebut justru ada yang tidur di pelabuhan tiga malam sebelum kapal berangkat. Atas keterlambatan itu, PT Prima Vista telah memberikan pelayanan dengan memberi makan pada siang hari dan saat berbuka puasa.

Manager PT Prima Vista Cabang Balikpapan Widy Atmoko mengatakan keterlambatan itu dikarenakan, KM Safira mengalami keterlambatan komulatif dari sejumlah pelayaran.

“KM Safira ini multi pelabuhan. Jadi terlambat di satu pelabuhan, maka pada pelayaran seterusnya akan terlambat,” terangnya.

Selain KM Safira Nusantara, diperkirakan hari ini ribuan pemudik juga akan melewati pelabuhan Semayang menggunakan KM Madani Nusantara dan KM Kerinci untuk pelayaran Balikpapan-Makassar.

Manager Manager Pelayanan Barang dan Aneka Usaha PT Pelindo IV Cabang Balikpapan, Iwan Sjarifuddin, mengatakan jumlah pemudik yang ke Makassar diperkirakan tidak terlalu membanjiri pelabuhan. Pasalnya, puncak arus mudik di Pelabuhan Semayang sudah terjadi pada 24 dan 25 September lalu.

“Hari ini adalah pelayaran terakhir sebelum lebaran.Pemudik sudah jauh-jauh hari melakukan perjalanan. Jika berangkat hari ini, mereka sampai di tujuan pas hari pertama Idul Fitri,” sebutnya. (zwr) (ahm)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Water Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s