Dishub Lampung Prediksi Puncak Arus Balik H+4

Selasa, 30 September 2008 – 12:21 wib

BANDAR LAMPUNG – Puncak arus balik Lebaran dari Pulau Sumatra menuju Pulau Jawa diprediksi berlangsung pada H+4 atau Minggu 5 Oktober mendatang.

Hal tersebut disebabkan banyaknya pekerja yang harus kembali masuk pada Senin 6 September keesokan harinya.

Mengantisipasi lonjakan penumpang, Terminal Rajabasa Lampung melakukan persiapan khusus untuk menampung pemudik yang hendak kembali ke Pulau Jawa melalui terminal tersebut.

“Kami menyiagakan bus-bus Damri sebagai cadangan,” ujar Kepala Terminal Rajabasa Ruslan Roni di kantornya, Selasa (30/9/2008).

Menurut Ruslan, jumlah pengguna bus pada arus balik nanti diprediksi lebih besar dari jumlah penumpang pada arus mudik lalu. “Kalau perginya kan ada yang menyarter travel, atau menyarter bus secara bersama-sama, tapi saat kembali ke Jakarta sebagian besar pemudik akan menggunakan bus,” sambungnya.

Pernyataan yang sama juga dilontarkan Manajer PT ASDP Pelabuhan Bakauheni, Zailis Anas. “Kemungkinan ramainya kembali para pemudik pada H+4,” kata Zailis.

Meski demikian, Zailis menambahkan, untuk arus balik mendatang pihaknya tidak memprogramkan dermaga khusus maupun kapal khusus untuk sepeda motor, “Kami hanya memberikan pelayanan loket khusus motor,” tambahnya.

Hal tersebut dilakukan, kata Zailis, karena seluruh dermaga dan kapal yang ada sangat mumpuni untuk mengangkut segala jenis kendaraan termasuk sepeda motor.

Zailis menjamin, pada arus balik mendatang tidak akan terjadi penumpukan kendaraan karena luasnya areal parkir yang dimiliki Pelabuhan Bakauheni. “Dibanding Merak, areal parkir kami lebih luas,” pungkasnya.(Aji Aditya Junior/Trijaya/ded)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s