Hendak Pulang Mudik, 6 WNI Tewas di Malaysia

Selasa, 30/09/2008 12:46 WIB
Hendak Pulang Mudik, 6 WNI Tewas di Malaysia
Indra Subagja – detikNews

Kuala Lumpur – Naas menimpa 6 warga Indonesia ini. Maksud hati hendak kembali ke tanah air bertemu keluarga merayakan Idul Fitri, tapi nasib berkata lain. Jiwa mereka tidak tertolong setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (30/9/2008), kapal yang total mengangkut 130 penumpang itu tenggelam di perairan Malaysia pada dini hari.

Satuan polisi perairan dan penjaga pantai Malaysia bekerja ekstra menolong kapal itu. 107 Penumpang mampu ditolong, tetapi lainnya masih belum ditemukan.

“Kami masih melakukan pencarian. Kapal tenggelam di dekat Port Klang dan saksi mata melihat beberapA jenazah sudah mengambang,” ujar salah seorang petugas penjaga pantai.

Sedang menurut Kepala Polisi Perairan Marzuki Ismail, kapal itu tenggelam kuat dugaan karena mengangkut melebihi batas.(ndr/ken)

Selasa, 30/09/2008 13:50 WIB
Kapal Angkut WNI Tenggelam
Jubir Deplu: 11 Orang Tewas, 15 Luka-luka

Ken Yunita – detikNews

Jakarta – Korban kapal dari Malaysia yang tenggelam bertambah menjadi 11 orang. Namun hingga kini belum dipastikan apakah seluruh korban meninggal adalah WNI.

“Petugas sedang melakukan verifikasi untuk memastikan apakah seluruh korban warga Indonesia bukan. Petugas kita sedang di rumah sakit dan kamar mayat,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada detikcom, Selasa (30/9/2008).

Selain korban meninggal, 15 penumpang kapal juga mengalami luka-luka. Mereka saat ini mendapat perawatan intensif di Kuala Lumpur.

“Belum diketahui lukanya bagaimana,” katanya.

Belum diketahui apa penyebab tenggelamnya kapal pada pukul 08.30 waktu Malaysia itu. Namun menurut Kepala Polisi Perairan Malaysia Marzuki Ismail, kapal itu tenggelam diduga kuat karena mengangkut melebihi batas.

Sementara itu informasi yang diperoleh detikcom dari Kapuspen Departemen Perhubungan Bambang S Erfan, kapal yang tenggelam adalah Kapal Tongkang pengangkut sayuran. Kapal itu seharusnya tidak boleh mengangkut penumpang.

“Kita tidak bisa membantu evakuasi,” katanya.(ken/ndr)

Korban Kapal Tenggelam di Malaysia Belum Pasti WNI

Selasa, 30 September 2008 – 14:30 wib, Hariyanto Kurniawan – Okezone

JAKARTA – Kapal yang diduga berpenumpang tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ingin pulang ke kampung halamannya di Sumatra dari Malaysia, tenggelam tadi pagi. Informasi yang diperoleh sebanyak 11 orang tewas. Namun pihak Departemen Luar Negeri Indonesia belum bisa memastikan para kobran merupakan warga negara Indonesia.

“11 orang meninggal, 15 orang dirawat di Rumah Sakit Tengku Ampuan Rahimah,” kata Juru Bicara Deplu Teuku Faizasyah saat dihubungi okezone, Selasa (30/9/2008).

Namun Faizasyah belum bisa memastikan apakah yang tewas dan dirawat tersebut merupakan warga negara Indonesia. Menurutnya, semua korban yang dirawat masih diverifikasi.

“Yang pasti mereka mendapatkan perawatan terlebih dahulu,” katanya.

Saat ini Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Malaysia, Dai Bachtiar, dan Konsulat Jenderal RI sedang berada di rumah sakit bersangkutan untuk memastikan keberadaan jenazah atau korban asal Tanah Air.

Kapal yang belum bisa diidentifikasi ini, dikabarkan berlabuh dari Port Klang Malaysia dengan tujuan Tanjung Balai Sumatera Utara, pada pukul 08.00 WIB. Diduga kapal tenggelam karena kelebihan penumpang.(hri)

Sumber : detiknews.com dan okezone.com

Leave a comment

Filed under Water Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s