Pemudik Garut Naik 39 Persen

Selasa, 30 September 2008 – 22:14 wib

GARUT – Dinas Perhubungan Kabupaten Garut mencatat kedatangan penumpang di Terminal Guntur pada arus mudik tahun ini mengalami kenaikan 39 persen dari tahun sebelumnya.

Kepala UPTD Terminal Guntur Garut Deni Desta mengatakan, kedatangan dari berbagai kota yang menggunakan bus AKAP dan AKDP, sejak H-7 hingga H-2 kemarin mencapai sekira 49.749 pemudik atau meningkat dari tahun 2007.

“Pada tahun kemarin, kedatangan penumpang saat mudik hanya mencapai 35.590 penumpang,” ujar Deni kepada wartawan, Selasa (30/9/2008).

Puncak arus mudik sendiri, lanjut dia, telah terjadi pada hari Minggu atau H-3 lebaran dengan jumlah pemudik sekitar 11.086 pemudik. Sedangkan pada 2007 lalu, terjadi pada H-2 dengan kepadatan penungpang mencapai 11.855 pemudik.

“Penumpang yang berasa dari luar provinsi sebanyak 4.845 dengan menggunakan 95 armada. Sedangkan penumpang daru luar kota mencapai 6.241 dengan menggunakan 114 armada,”

Bila dilihat dari arus mudik, tambahnya, menunjukan penurunan penumpang sekira tujuh persen dari tahun sebelumnya. Namun bila dilihat dari keseluruhan mengalami peningkatan.

“Saat ini, hampir 90 persen tempat duduk diisi oleh penumpang mulai H-7. Sementara tahun sebelumnya hanya sekira 75 persen tempat duduk dari 60 tempat duduk yang tersedia di dalam bus,” tandasnya.

Dia menilai, Kondisi tersebut dikarenakan panjangnya waktu libur yang diberikan pemerintah. (Sigit Zulmunir/Trijaya/teb)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Public Transportation, Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s