Bandara Cengkareng Angkut 350 Ribu Pemudik

Kamis, 02/10/2008 14:27 WIB
E Mei Amelia R – detikNews

Jakarta – Mudik menggunakan jalur udara masih menjadi pilihan. Buktinya sejak H-7 hingga H-1, tercatat ratusan ribu orang pulang kampung melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

“Total penumpang H-7 sampai H-1 sebanyak 350 ribu penumpang. Arus mudik tujuan paling banyak ke Surabaya,” kata Kepala Bidang Operasi Bandara Soekarno-Hatta, Jaya Tahoma di kantornya di Cengkareng, Banten, Kamis (2/10/2008).

Dan untuk hari ini saja, diperkitrakan ada 70 ribu penumpang yang akan mudik dan kemarin, Rabu 1 Oktober tercatat sebanyak 28 ribu penumpang.

“Pemudik cenderung tidak dapat moda darat dan laut, lalu lebih memilih udara,” jelas Jaya.

Sedang untuk arus balik diperkirakan akan mencapai puncaknya pada hari Minggu. “Kita perkirakan ada 105 ribu penumpang ini turun 5 persen dari tahun lalu, pada H+4 sebanyak 112 ribu penumpang,” jelasnya.

Sementara untuk pengamanan pihaknya sudah menambah personel 190, dari hari biasa 900 orang yang terdiri dari unsur trantib, polisi, dan keamanan bandara. “Disebar disemua titik pelayanan dan di semua tempat parkir,” jelasnya.

Pantauan detikcom di bandara di hari lebaran kedua ini tampak cukup ramai. Para penumpang pesawat tampak duduk-duduk menunggu jadwal keberangkatan. Namun tidak terlihat antrian di tempat tiket pesawat.
(ndr/ken)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Air Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s