Jalur Favorit, 40 % Kendaraan Pemudik Pilih Pantura

Minggu, 05/10/2008 08:57 WIB
Jalur Favorit, 40 % Kendaraan Pemudik Pilih Pantura
Indra Subagja – detikNews

Jakarta – Jalur pantura masih menjadi pilihan bagi pemudik untuk pulang kampung. Tidak heran sebagian besar kendaraan dalam arus mudik dan arus balik melewati jalur ini.

“Pantura paling besar dilalui. 40 persen kendaraan masih masih melewati Pantura,” kata Dirjen Perhubungan Darat Dephub Iskandar Abubakar saat dihubungi lewat telepon, Sabtu (5/10/2008).

Diketahui angka arus kendaraan mudik lebaran tercatat untuk roda 4 sebesar 1,9 juta dan roda 2 sebesar 2,5 juta jiwa. “Itu 14 persennya pemudik melintas di jalur Sumatera, dan sisanya terbagi ke jalur selatan dan tengah,” jelasnya.

Kini di banding tahun lalu, lanjut Iskandar kemacetan di Pantura tidak separah dahulu, karena dibangunnya 4 lajur bagi kendaraan di banding dahulu hanya 2 lajur.

“Ya memang kadang selalu terjadi gangguan, seperti pasar tumpah dan persilangan sebidang yang membuat pengendara mengurangi kecepatannya,” imbuhnya.

Untuk tahun yang akan datang, khususnya di Pantura akan dibangun jalan tol yang menghubungkan Kanci hingga Brebes. Kemudian untuk jalur selatan di Nagreg, akan dibangun jalur baru sepanjang 5 Km dan fly over di atas jalur rel kereta api.

“Di Nagreg itu ada 3 persoalannnya, rel kereta api, jalan yang menanjak membat kendaraan melambat, dan persilangan,” tandasnya.(ndr/)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s