Kapasitas Jalan & Disiplin Pengendara Jadi Pangkal Macet

Minggu, 05/10/2008 07:22 WIB
Mudik Lebaran
Kapasitas Jalan & Disiplin Pengendara Jadi Pangkal Macet
Indra Subagja – detikNews

Jakarta – Kemacetan terjadi di mana-mana kala arus mudik dan balik lebaran. Ditengarai daya tampung jalan dan disiplin pengendara jadi pangkal penyebab kemacetan.

“Disiplin ini terutama pada tempat terkunci, karena tidak ada yang mengalah maka terjadi kemacetan. Itu tidak bagus,” kata Dirjen Perhubungan Darat Dephub Iskandar Abubakar saat dihubungi lewat telepon, Sabtu (4/10/2008).

Iskandar menilai, masing-masing pengendara ingin lebih dahulu dalam melakukan perjalanan baik kala arus mudik maupun arus balik. “Ya kadang, jalur berlawanan pun diambil. Apalagi di persilangan sebidang, begitu salah satu lajur ditutup semua lajur langsung dipakai,” jelasnya.

Untuk arus balik, yang menjadi kendala memang para pekerja kantoran mengejar waktu karena pada Senin 6 Oktober mereka harus masuk kantor. “Kalau kondisi demikian, infrastruktur tidak mampu yang akan terjadi kemacetan,” imbuhnya.

Tidak dipungkiri memang, infrastruktur jalan di Indonesia belum mampu menampung membludaknya kendaraan di kala mudik lebaran. “Satu jalan mempunyai kapasitas tertentu, untuk satu lajur terpisah 2.000 kendaraan per/jam, kalau lewat itu yang akan terjadi akan perlambatan,” ungkapnya.

Untuk itu terus dilakukan peningkatan, melakukan perbaikan di titik-titik kemacetan. “Ya tahun ini lebih baik dari tahun kemarin soal kemacetan,” tandasnya.(ndr/)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s