Naik Lokomotif, Masinis Tarik Uang Penumpang

Minggu, 5 Oktober 2008 – 17:02 wib

BREBES – Beragam cara ditempuh warga yang ingin segera kembali ke Jakarta. Seperti dilakukan puluhan penumpang KA Tegalarum jurusan Tegal-Jakarta di Stasiun Brebes, hari ini.

Pantauan di lapangan, puluhan penumpang tersebut memaksakan diri berjejalan dipinggir badan lokomotif. Aksi penumpang ini tidak dilarang masinis. Sebab, mereka sudah membayar uang yang besarannya bervariasi antara Rp2.000-Rp3.000 per orang kepada masinis.

“Saya terpaksa naik ke loko yang penting bisa berangkat ke Jakarta sekaligus untuk pengalaman. Tadi, saya dimintai uang oleh masinis sebesar Rp2.000 untuk bisa naik di lokomotif,” kata Waryono, yang duduk di depan lokomotif, Minggu (5/10/2008).

Kepala Stasiun Brebes, Riswanto mengatakan, banyaknya penumpang yang berdiri di lokomotif pada dasarnya tidak diperbolehkan. Alasannya, selain membahayakan keselamatan diri, juga dapat mengganggu pandangan masinis.

“Tapi, karena di sini (Brebes) tidak ada petugas khusus, kami kesulitan mencegah mereka yang nekat naik lokomotif. Tapi, di Stasiun Cirebon mereka akan ditertibkan oleh petugas untuk turun dari lokomotif,” ujarnya. (Kastolani/Sindo/enp)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Railway Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s