Penumpang Menumpuk, Bus di Madiun Naikkan Harga

Minggu, 5 Oktober 2008 – 19:28 wib

MADIUN – Penumpang arus balik pada H+3 Lebaran di Terminal Purbaya, Kota Madiun dan Stasiun Besar Madiun membeludak. Di Terminal Purbaya, jumlah penumpang bus dengan tujuan Surabaya, Solo, Jakarta dan lainnya mencapai 5.000 orang.

Sejak pagi hingga siang, penumpukan penumpang sudah terlihat di Terminal Purbaya, Kota Madiun. Bahkan, setiap kali ada bus tujuan Surabaya atau Solo yang datang, penumpang langsung berebut dan berdesakkan untuk masuk. Sementara itu, sebagian calon penumpang tidak terangkut dan terlantar hingga beberapa jam.

Situasi seperti ini tak pelak dimanfaatkan awak bus untuk meraup keuntungan berlipat yakni dengan berusaha mengangkut penumpang sebanyak-banyaknya dan mengabaikan keselamatan penumpang. Selain itu, sebagian awak bus juga menaikkan tarif hingga dua kali lipat.

Menurut  Dony Setiawan (32), awak bus jurusan Madiun-Solo, mengaku, pihak awak bus bisa mendapatkan keuntungan sampai dua kali lipat pada saat arus balik Lebaran berlangsung.

“Kesempatan ini hanya datang setahun sekali. Ya istilahnya masa panen para awak bus pada saat arus balik seperti ini sehingga kita tidak ingin melewatkan begitu saja. Bahkan, awak bus hampir semuanya bisa beroperasi dua kali lebih banyak dari hari biasanya,” ujarnya.

Sementara itu menurut  Sulastiningsih (35), calon penumpang bus, mengaku, dia berangkat pagi hari dari rumah menuju ke Terminal Purbaya, Kota Madiun, untuk mendapatkan bus. Namun, kata dia, hampir semua bus selalu terisi penuh.

“Saya ingin balik ke Surabaya. Tapi, sejak tadi pagi (kemarin pagi, red) penumpang selalu penuh. Saya belum jadi-jadi naik karena selalu berdesakkan,” ujarnya. (Muhammad Roqib/Sindo/uky)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Public Transportation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s