Pesawat Sriwijaya Air Kembali Mendarat Darurat

Minggu, 05 Oktober 2008 10:55

SOLO: Pesawat Sriwijaya Air bernomor penerbangan SJ211, Sabtu (4/10) pagi, terpaksa kembali mendarat di Bandara Internasional Adisumarmo Solo setelah terbang selama lebih kurang delapan menit. Awak pesawat tersebut melaporkan adanya masalah pada mesin pesawat yang membuat mereka harus return to base (RTB) atau kembali ke tempat keberangkatan. Menurut Manager dan Teknik Posko di Bandara Adi Sumarmo Solo, Bambang Wahono, Sabtu kemarin, pesawat Sriwijaya yang membawa 128 penumpang berangkat dari Bandara Adi Sumarmo sekitar pukul 07.00 WIB namun kembali lagi ke bandara akibat mengalami kerusakaan mesin.

“Sriwijaya sempat terbang sekitar delapan menit kemudian kembali ke Bandara Adi Sumarmo akibat ada gangguan mesin,” katanya.
Sebanyak 128 penumpangnya kemudian dialihkan ke penerbangan lainnya yang berangkat dengan jurusan yang sama.
Pesawat Sriwijaya yang dipiloti Kapten Sugeng H, saat ini masih diparkir di lapangan sebelah utara atau tempat pemberangkatan haji di lokasi bandara tersebut, untuk diperbaiki.

Peristiwa tersebut tidak mengganggu arus penerbangan di Bandara Adi Sumarmo Solo.
Arus menerbangan di Bandara Adi Sumarmo Solo tetap lancar dan arus balik pada Sabtu (4/10) ini hingga pukul 17.00 WIB, jumlah penumpang jurusan Jakarta belum mengalami peningkatan.

Koordinator Posko Bandara Adi Sumarmo Solo, Rafki mengatakan, pesawat Sriwijaya saat ini sedang diperbaiki setelah alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki mesin pesawat tiba dari Jakarta. Menurut dia, pesawat Sriwijaya yang mengalami kerusakaan pada bagian mesin, kemungkinan Minggu (5/10) pagi sudah bisa terbang lagi dan dijadwalkan berangkat dari Bandara Adi Sumarmo Solo pukul 07.00 WIB dan tiba di Cengkareng Jakarta pukul 08.05 WIB.

Winarto menambahkan pihak bandara sudah melaporkan peristiwa itu ke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Departemen Perhubungan.  “Jadi, pesawat itu baru bisa diberangkatkan lagi setelah ada izin atau clearance terkait kelaikannya,” jelasnya. (ANTARA)

Sumber : Harian Jogja

Leave a comment

Filed under Air Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s