Rajabasa Mulai Sesak, Seorang Penumpang Pingsan

Rajabasa Mulai Sesak, Seorang Penumpang Pingsan

Minggu, 5 Oktober 2008 – 12:16 wib

LAMPUNG – Seperti yang telah diprediksi sebelumnya, puncak arus balik Lebaran yang jatuh pada Minggu (5/10/2008) hari ini benar-benar terjadi. Hal tersebut dapat terlihat dari penumpukan penumpang di Terminal Rajabasa yang akan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Pantauan di lapangan, penumpang sudah mulai memadati terminal sejak pukul 07.00 WIB. Sekira pukul 08.00 WIB, penumpang mulai kesulitan mendapatkan bus karena armada bus yang tersedia sudah penuh.

Karena ketidakseimbangan antara jumlah armada bus dengan jumlah penumpang, sempat terjadi kekosongan armada bus di terminal ini selama 30-45 menit. Sebab bus yang beroperasi ke Pelabuhan Bakauheni memakan waktu yang cukup lama untuk tiba kembali ke Terminal Rajabasa.

Penumpukan semakin bertambah saat penumpang ngotot hanya ingin menaiki bus AC dibanding bus ekonomi. Padahal, bus AC yang beroperasi hanya 36 unit, sedangkan bus ekonomi sejumlah 114 unit.

Akibat lama menunggu, seorang penumpang bernama Tirta (27), tujuan Bogor sempat pingsan di terminal.

“Bus Ac masih dalam perjalanan dari pelabuhan. Mungkin macet di Tarahan, Lampung Selatan,” kata Kepala Terminal Rajabasa, Lampung, Ruslan Roni.

Untuk mengatur terminal, aparat kepolisian pun ditingkatkan jumlahnya, yaitu dari 91 orang menjadi 96 personel.

Menurut Ruslan, diprediksi penumpukan penumpang akan terjadi hingga pukul 14.00 WIB. Sebab, seluruh penumpang tujuan Pelabuhan Bakauheni memutuskan untuk berangkat secara bersamaan pada pagi hari. Sehingga, dapat tiba di Pulau Jawa pada siang atau sore hari. Alasannya, waktu libur para karyawan dan pegawai akan habis pada hari ini.

Jumlah arus balik pada H+3 ini, menurut Ruslan, hingga pukul 08.00 WIB tadi pagi mencapai 20.206 penumpang. Jumlah tersebut dinilai lebih besar dibanding H+3 tahun lalu yang hanya sebesar 19.178 orang penumpang. (Aji Aditya Junior/Trijaya/enp)

3 Skenario Antisipasi Kekosongan Bus di Rajabasa

Minggu, 5 Oktober 2008 – 12:38 wib

LAMPUNG – Dinas Perhubungan Lampung dan Terminal Rajabasa Lampung hari ini menerapkan tiga sistem rotasi khusus untuk bus angkutan jurusan Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Sistem rotasi ini diterapkan untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang akibat kekosongan armada bus yang jumlahnya tidak seimbang dengan jumlah penumpang.

Kepala Terminal Rajabasa Ruslan Roni mengatakan, skenario rotasi pertama yaitu dengan menahan tem (jadwal menunggu penumpang) untuk bus yang berangkat ke Pelabuhan Bakauheni. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penumpukan bus di jalan dan kekosongan bus di terminal.

“Bus yang hendak berangkat kami tahan hingga 20 menit di terminal. Biasanya, bus itu ngetem 5 menit, langsung pergi,” kata Ruslan, Minggu (5/10/2008).

Menurut perhitungan waktu versi Ruslan, penundaan tem 20 menit ini maka perputaran bus dari dan menuju terminal relatif bisa diprediksi dan lebih lancar.

Untuk skenario kedua yaitu bus tem-tiba. Skenario ini mengintruksikan bus yang tiba di terminal langsung diisi penumpang dan langsung berangkat. Hal tersebut dilakukan bila terjadi stagnan yang luar biasa di jalur Rajabasa-Bakauheni, sehingga bus kesulitan dan butuh waktu lama untuk masuk terminal.

Sedangkan skenario ketiga, 60 bus cadangan bantuan Damri yang disediakan langsung dioperasikan. Sistem ini dilakukan bila sistem tem-tiba telah diterapkan namun terjadi stagnanisasi bus di terminal hingga lebih dari setengah jam.

Hingga berita ini diturunkan, jumlah penumpang yang menuju Pelabuhan Bakauheni masih padat. Kapoltabes Bandar Lampung, Kombespol Syauqi Ahmad bahkan turun langsung ke terminal untuk meninjau pengamanan penumpang pada arus balik ini. (Aji Aditya Junior/Trijaya/enp)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Public Transportation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s