Mabes Polri: Jumlah Kecelakaan Mudik Turun

Senin, 6 Oktober 2008 – 14:21 wib, Insaf Albert Tarigan – Okezone

JAKARTA – Direktorat Lalu Lintas Mabes Polri mengklaim, jumlah kecelakaan serta korban tewas saat arus mudik Lebaran 2008 menurun dibanding tahun lalu. Hal ini sekaligus membuktikan keberhasilan Operasi Ketupat 2008 oleh Mabes Polri.

Direktur Lalu Lintas Mabes Polri Brigjen Yudi Susharyanto mengatakan, pada 16 hari operasi ketupat 2007 lalu, korban tewas mencapai 798 orang, sementara tahun 2008 ini, sejak H-7 (25 September) hingga H+4, jumlah korban tewas hanya mencapai 528 orang. “Mayoritas adalah pengendara roda dua,” kata Yudi yang dihubungi wartawan melalui telepon di Jakarta, Senin (6/10/2008).

Sementara jumlah kecelakaan pada arus mudik 2008 ini, kata Yudi, tercatat sebanyak 1.246 kali kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua, mobil pribadi 255 kali, dan bus sebanyak 82 kali. “Rata-rata kecelekaan di jalur Pantura dan jalur selatan alternatif,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, Ditlantas Mabes Polri juga mencatat sebanyak 18.092 pelanggaran yang dilakukan kendaraan roda dua dan telah dilakukan penilangan. Penyebab pelanggaran, menurut Yudi lebih banyak berupa pelanggaran umum seperti tidak mengenakan helm serta penumpang berlebihan. “Kalau pelanggaran mobil pribadi sebanyak 6.000 kasus,” katanya.

Yudi menambahkan, selama operasi ketupat 2008 ini, Mabes Polri juga telah mengerahkan sebanyak 93.700 personel. Dua diantaranya menjadi korban saat menjalankan tugas pada arus mudik 2008 ini.

“Yang pertama terjadi di Pematang Siantar, di mana Petugas ditabrak truk ketika hendak memasang marka jalan, 1 Oktober lalu pukul 18.00 WIB,” katanya. Meski demikian, Yudi mengaku belum bisa mengkonfirmasi nama personel polisi tersebut.

Korban selanjutnya, kata Yudi, adalah Briptu Zainuri yang tewas di tol Serang. Keduanya, menurut dia, tidak asuransi khusus namun tetap ada santunan.

Sementara itu, disinggung mengenai puncak arus balik, Yudi memprediksi tidak akan lagi terjadi penumpukan. Menurut Yudi puncak arus balik terjadi pada Minggu 5 Oktober kemarin.(ded) (mbs)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Traffic Safety, Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s