33 Orang Tewas Selama Masa Mudik di Sulsel

Rabu, 8 Oktober 2008 – 14:44 wib

MAKASSAR – Sebanyak 33 orang tewas akibat Kecelakaan Lalu Lintas (lakalantas) selama proses mudik dan arus balik di Sulawesi Selatan.

Hal itu dikemukakan Kepala Bidang Lantas Polda Sulsel Kombes Polisi Nandang di Makassar Rabu(8/10/2008). angka kematian dalam kecelakaan itu merupakan bagian dari 54 kejadian lakalantas pada data Operasi Ketupat 2008 Polda Sulselbar sejak 23 September hingga 5 Oktober.

Menurut Nandang jumlah korban jiwa itu lebih rendah dibanding lakalantas operasi ketupat tahun lalu. Pasalnya sebanyak 53 orang meninggal dunia dari 50 kejadian tahun lalu dengan jumlah korban 103 orang.

“Sedangkan 2008 ini, saat yang sama hanya 33 meninggal dari 54 lakalantas dengan jumlah korban hanya 97 orang. Angka ini lebih rendah dibandingkan tahun 2007,” kata Nandang.

Nandang mengungkapkan tahun ini kerugian material akibat lakalantas mencapai Rp187 juta sedangkan tahun lalu total kerugian mencapai Rp60 juta.

Ditambahkan Nandang, jumlah kendaraan yang mengalami lakalantas pada Operasi Ketupat tahun ini sebanyak 32 unit mobil dan 63 unit sepeda motor.

“Kalau tahun lalu hanya 17 mobil dan 46 unit sepeda motor. Titik kecelakaan paling banyak di Kabupaten Maros disusul Jeneponto, Pangkep dan Barru. Kalau Makassar relatif kurang,” tutur Nandang.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Sulselra Kombes Hery Subiansauri mengatakan penyebab lakalantas karena banyaknya jalanan rusak dan kondisi kendaraan yang kurang bagus. Menurut Hery dari pantauannya banyak titik jalan di Sulsel berlubang.

“Di beberapa titik karena pengerjaan pelebaran jalan trans Sulawesi yang sedang dikerjakan banyak materialnya yang berada di tengah jalan. Itu rawan timbulkan kecelakaan,” tutur Hery.

Namun Hery tak menampik jika perilaku pengendara yang tak mengindahkan aturan lalu lintas adalah salah satu faktor utama terjadinya lakalantas itu.

Polda Sulsel menggelar Operasi Ketupat 2008  sejak 23 September lalu dan akan berakhir hari ini, Rabu (8/10/2008). (Andi Aisyah/Trijaya/fit)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Traffic Safety, Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s