6 Pelaku Pungli di Atas Kereta Ditangkap di Tasikmalaya

Selasa, 7 Oktober 2008 – 15:22 wib

TASIKMALAYA – Petugas Stasiun Tasikmalaya bersama Polisi dari Polresta Tasikmalaya menangkap enam pelaku pungli terhadap penumpang di atas kereta api yang hendak berangkat menuju Jakarta.

Pelaku yang diketahui merupakan karyawan CV Iwata Putera Perkasa, rekanan yang melakukan restorasi kereta api, melakukan pungutan liar dengan meminta uang sebesar Rp10 ribu – Rp15 ribu dari penumpang tujuan ke Bandung atau Jakarta, agar mendapatkan tempat duduk.

Setelah menjalani pemeriksaan, seluruh tanda pengenal mereka tahan di PT KA bersama dengan seragamnya yang mirip petugas hanya tidak dilengkapi papan nama. Pada saat melakukan pungli, para penumpang mengira yang memintanya sejumlah uang tersebut petugas resmi sehingga dengan sukarela memberikan uang dan mendapatkan tempat duduk setelah sebelumnya menyingkirkan penumpang yang telah menduduki kursi tersebut.

“Saat itu juga uangnya telah kami amankan dan kemudian kami bagikan kembali ke seluruh penumpang kereta api yang terkena aksi pungli tersebut, saya tegaskan mereka bukan petugas PT KA melainkan petugas restorasi dari rekanan CV Iwata Putera Perkasa. Jelas kami sangat dirugikan, makanya beruntung saja petugas kami mengetahuinya sehingga bisa langsung kami tindaklanjuti,” kata Kahumas Daop II PT KAI Mateta Rizalulhaq, Selasa (7/10/2008).

Mateta menegaskan, PT KA akan melayangkan somasi kepada rekanan tersebut untuk memproses oknum yang melakukan aksi pungli karena telah mencoreng nama baik PT KA.

“Proses selanjutnya oleh polisi itu kami serahkan kepada rekanan, yang jelas upaya kami yang merasa sangat dirugikan adalah dengan mengirimkan somasi. Nanti tindakan terhadap keenam oknum tersebut, rekanan yang melakukannya,” tegasnya.

Sementara itu, Stasiun Tasikmalaya sampai saat ini masih dipadati penumpang baik yang hendak menuju ke Bandung dan Jakarta, atau mereka yang hendak menuju ke arah Jateng dan Jatim. Dari data yang berhasil dihimpun stasiun, terdapat lebih dari 4.000 penumpang yang diberangkatkan dari Tasikmalaya baik menuju ke arah timur ataupun ke arah barat.

“Saya perkirakan membludaknya penumpang akan terus terjadi hingga pekan depan, karena masih banyaknya mereka yang liburan sekolah. Tetapi semuanya dipastikan akan terlayani dengan baik dan tidak akan ada penumpang yang terlantar,” ujar Suwito.(fit) (Nanang Kuswara/Sindo/mbs)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Railway Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s