Ford Juga Punya Teknologi Hindari Tabrakan

Ford Juga Punya Teknologi Hindari Tabrakan, Anton Suhartono – Okezone

PARIS – Kemajuan teknologi informasi, turut menyumbang pengembangan fitur kendaraan, khususnya dalam hal keamanan. Ford Motor kini menjadi salah satu pabrikan yang mengembangkan teknologi antitabenturan berbasis radar.

Pabrikan mobil premium, seperti Mercedes Benz, BMW, Volvo, juga sudah mengembangkan teknologi yang sama.

Teknologi yang rencananya mulai diaplikasikan pada 2009 ini, mengombinasikan sistem radar dengan fitur brake assist. Sistem akan menginformasikan kepada pengemudi jika jarak dengan obyek di depannya tidak man melalui peringatan suara. Radar bekerja untuk mendeteksi pergerakan obyek di depan mobil serta memperkirakan jaraknya.

Selain memberikan peringatan dengan suara, teknologi yang dinamakan Collision Warning System with Brake Support ini, juga dilengkapi dengan lampu peringatan berwarna merah yang diletakkan di atas panel. Gunanya untuk memastikan pengemudi menyadari jika jarak obyek di depan berbanding kecepatan mobil yang dikendarai, tidak aman.

Rencananya Ford akan memasangkan teknologi ini ke beberapa modelnya mulai tahun depan. Selain itu, Ford juga menyiapkan teknologi pengamanan aktif seperti Blind Spot Information System with Cross Traffic Alert, yaitu teknologi yang memungkinkan pengendara menghindari kepadatan lalu lintas. Tak ketinggalan Ford Smart Intersection, teknologi yang memungkinkan komunikasi antara mobil di persimpangan jalan. Sehingga akan menghidari potensi benturan. (ton)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s