Iran Produksi Mobil untuk Perempuan

Rabu, 8 Oktober 2008 – 09:46 wib,

Anton Suhartono – Okezone

TEHERAN – Produsen mobil Iran Khodro melakukan inovasi dengan memproduksi mobil yang dilengkapi dengan fitur yang dapat memudahkan kaum perempuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Desain interior pun diciptakan dalam suasana feminim serta nyaman untuk anak-anak.

Seperti lazimnya, mobil akan dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis, parkir elektronik, dan navigasi. Selain itu, desain interior dan eksterior juga disesuaikan dengan selera perempuan. Seperti pemilihan warna yang lebih soft dan perangkat hiburan untuk anak-anak di bangku belakang. Penggantian ban pun dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan hanya memasukkan alat ke jack khusus.

Managing Director Khodro Vahid Najafi mengatakan, perempuan memiliki kebutuhan yang berbeda dibanding laki-laki. Seperti kebutuhan berbelanja dan mengantar anak ke sekolah. Sehingga mobil ini dibuat untuk dapat memenuhi pekerjaan mereka.

“Desain interior dibuat menyenangkan dengan pemilihan warna atraktif, seperti merah. Bagian dashboard juga dibuat lebih fungsional. Kontrol dan pengoperasian lebih mudah sehingga segala kebutuhan perempuan akan terpenuhi,” kata Najafi seperti dikutip The Guardian.

Mobil yang diproduksi menggunakan basis model Samand sedan tersebut, hanya akan dipasarkan di Iran. Ke depan Khodro akan memasarkannya di Syria dan Venezuela. Mobil ini akan dipasarkan mulai Juni 2009 bersamaan dengan perayaan Hari Perempuan Iran.

Khodro juga berencana memproduksi mobil hybrid dan mobil “Islami” yang salah satu fiturnya dilengkapi dengan navigasi arah kiblat. Belum ada keterangan kapan mobil tersebut mulai dipasarkan. (ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s