Kecelakaan Saat Mudik di Jatim Didominasi Motor

Rabu, 8 Oktober 2008 – 13:47 wib

SURABAYAKecelakaan lalu lintas di masa mudik Lebaran di Jawa Timur tahun ini masih didominasi oleh kendaraan roda dua.

Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Polisi Bambang Sukamto mengatakan  angka kecelakaan lalu lintas pada kendaraan roda dua pada tahun ini berjumlah 231 kejadian.

Pada tahun sebelumnya, kecelakaan pada kendaraan roda dua di masa mudik Lebaran berjumlah  sekira 384 kejadian.

“Kecelakaan lalu lintas roda dua untuk tahun ini sekira 60% lebih banyak dari pada roda empat,” kata Sukamto kepada wartawan di Mapolda Jatim, Rabu (8/10/2008).

Meski demikian., Bambang mengatakan, kecelakaan lalu lintas di saat Lebaran mengalami penurunan sekitar 40,7%. Menurut dari data Ditlantas Polda Jatim pada tahun 2007 terdapat sekitar 383 kejadian kecelakaan, sedangkan untuk tahun 2008, jumlah kejadian sebanyak 227.

Sementara itu korban meningal dunia pada 2007, berjumlah 129, sedangkan pada tahun 2008 berjumlah 97 orang atau mengalami penuruan sebanyak 24,8 %. Jumlah korban dengan luka berat juga mengalami penurunan sebesar 35,2 % di mana pada 2007 terdapat 139, sedangkan untuk  2008 berjumlah 90.

Untuk korban luka ringan, pada 2007, berjumlah 364, sedangkan  di masa mudik tahun ini berjumlah  198 berarti mengalami penurunan  45,6 %.

Penuruan ini, kata Bambang, disebabkan  peningkatan kesadaran masyarakat, dan antisipasi aparatus negara seperti Polri, Dephub dan PU.

Sementara itu, daerah yang paling tinggi angka  kecelakaannya yaitu Madiun, disusul Kediri. Hal itu disebabkan  aktivitas lalu lintas di daerah tersebut cukup tinggi.

Sementara itu Bambang menambahkan untuk kemacetan selama masa mudik terjadi di Jombang dan Caruban karena kawasan tersebut merupakan jalur pertemuan antara arus kendaran dari Surabaya maupun dari Jawa Tengah. (Johan Samudra/Trijaya/fit)

Sumber: okezone.com

Leave a comment

Filed under Traffic Safety, Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s