Kereta Terbakar di Dekat Stasiun Palmerah

Kereta Terbakar di Dekat Stasiun Palmerah

Rabu, 8 Oktober 2008 – 13:01 wib, Syukri Rahmatullah – Okezone

JAKARTA Kebakaran terjadi di atap sebuah gerbong kereta jurusan Serpong-Tanah Abang saat melaju dari Stasiun Palmerah menuju Stasiun Tanah Abang.

Hal tersebut dibenarkan petugas Polsek Tanah Abang Aiptu Sugiyarto saat dihubungi okezone, Rabu (8/10/2008).

Menurutnya, kejadian terjadi sekira pukul 12.00 WIB dan berhasil dipadamkan sekira pukul 13.00 WIB. “Itu hanya korsleting listrik,” katanya.

Dia menjelaskan, peristiwa kebakaran ini tidak menyebabkan korban.

Sementara Kahumas Daops I PT Kereta Api Ahmad Sujadi sampai saat ini belum dapat dikonfirmasi. (uky)

Kereta Terbakar, Dinas Pemadam Hanya Kirim Orang

Rabu, 8 Oktober 2008 – 13:11 wib, Syukri Rahmatullah – Okezone

JAKARTA Kebakaran yang terjadi di sebuah gerbong kereta rangkaian listrik (KRL) jurusan Serpong-Tanah Abang sudah berhasil dipadamkan sekira pukul 13.00 WIB. Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat hanya menerjunkan orang saja.

“Kita tidak mengirimkan unit mobil ke sana, yang terbakar hanya atapnya saja,” kata petugas Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat Tafari saat dihubungi okezone, Rabu (8/10/2008).

Tafari mengungkapkan, pihak Dinas Pemadam Kebakaran hanya mengirimkan ketua regu untuk mengecek apakah perlu diterjunkan tim pemadam atau tidak.

“Ternyata setelah sampai di sana, dilaporkan api sudah berhasil dipadamkan,” jelasnya. (uky)

KRL Terbakar di Palmerah, Polisi Periksa Masinis

Rabu, 8 Oktober 2008 – 13:20 wib, Fahmi Firdaus – Okezone

JAKARTA – Polres Jakarta Barat saat ini tengah meminta keterangan masinis Kereta Rangkaian Listrik (KRL) jurusan Serpong-Tanah Abang yang terbakar di kawasan Palmerah, Jakarta Barat.

Masinis yang diketahui bernama Parjiman itu mengaku melihat api saat diberitahu oleh seorang penjaga pintu kereta di Palmerah.

“Waktu itu penjaga pintu kereta berteriak bahwa kereta kami terbakar di bagian atas. Saya pun menghentikan laju,” ujar Parjiman yang tampak masih syok akibat kejadian ini, Rabu (8/10/2008).

Selain meminta keterangan Parjiman, polisi juga tengah melakukan olah TKP di sekitar kereta api. Saat kejadian, api berhasil dipandamkan petugas dengan menggunakan tabung pemadam.

Kejadian ini sempat menyita perhatian warga hingga memacetkan jalan raya. Beruntung kejadian ini tidak memakan korban jiwa. (teb)

KRL Terbakar di Palmerah karena Arus Pendek

Rabu, 8 Oktober 2008 – 13:36 wib, Fahmi Firdaus – Okezone

JAKARTA – Penyebab terbakarnya atap gerbong kereta rel listrik (KRL) jurusan Serpong-Tanah Abang di dekat Stasiun Palmerah diketahui karena korsleting arus listrik.

Demikian diungkapkan masinis KRL Parjiman saat berbincang dengan okezone di Mapolsek Tanah Abang, Jakarta, Rabu (8/10/2008). “Penyebabnya karena hubungan arus pendek, tapi akan kita selidiki lagi,” ujarnya.

Akibat peristiwa ini, arus lalu lintas KRL jurusan Serpong-Tanah Abang sempat tersendat. Sebab, hingga kini KRL dengan tujuh rangkaian kereta itu belum dipindahkan dari lokasi kejadian di jalur satu.

Salah seorang saksi mata bernama Imanuddin menuturkan, gerbong kedua dari belakang KRL terlihat mengeluarkan asap hitam saat melaju sekira pukul 12.00 WIB. Setelah itu KRL berhenti dan awak KRL berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. “Tiba-tiba keluar asap dan kereta berhenti,” ujarnya.(ful) (uky)

Tak Ada Gangguan Perjalanan Akibat KRL Terbakar

Rabu, 8 Oktober 2008 – 13:53 wib, Muhammad Saifullah – Okezone

JAKARTA – Terbakarnya kereta rel listrik (KRL) jurusan Serpong-Tanah Abang di dekat Stasiun Palmerah dipastikan tidak menganggu perjalanan KA lain.

Ini karena KRL nahas tersebut merupakan satu-satunya KRL yang melayani rute Serpong-Tanah Abang. hanya saja perjalanan KRL mengalami sedikit keterlambatan.

“Selain itu juga karena saat kejadian kebetulan tidak pada jam sibuk,” terang Kepala Humas Daops I PT KA Ahmad Sujadi kepada okezone di Jakarta, Rabu (8/10/2008).

Sujadi menegaskan KRL nahas tersebut telah diperbaiki dan sudah bisa beroperasi kembali.

“Tadi sekitar pukul 13.38 WIB KRL sudah melanjutkan perjalanan dan 300 penumpangnya tidak ada yang luka,” ujarnya.

Lebih jauh, Sujadi menjelaskan insiden tersebut disebabkan meledaknya travo listrik yang berada di atap kereta. Kejadian semacam ini, menurutnya adalah sesuatu yang wajar.

“Itu kan barang elektronik yang dibawa bergerak. Jadi terkadang korsleting. Kalau penumpang panik itu biasa karena mereka tidak tahu,” ungkapnya. (ful)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Railway Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s