Kunci Mobil Bisa Batasi Kecepatan

Rabu, 8 Oktober 2008 – 10:02 wib,

Anton Suhartono – Okezone

PARIS – Ford Motor memperkenalkan teknologi kontrol kendaraan yang disebut MyKey. Alat berbentuk kunci ini, dapat menyeting kecepatan serta meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar kendaraan.

Sistem MyKey memungkinkan pemilik mobil untuk membatasi kecepatan maksimum kendaraan serta volume audio. Selain itu, juga memberi peringatan jika bahan bakar akan habis, serta dapat menyeting suara pada kecepatan 72, 88, dan 104 km/jam. Ini akan berguna bagi pengemudi dalam mengendalikan kendaraan. Tak hanya itu, MyKey juga dapat digunakan menyetel sistem kontrol traksi untuk membatasi putaran roda.

Untuk memprogramnya, pemilik harus memasukkan kunci tersebut ke kontak mobil (ignition). Kemudian dapat diatur sesuai dengan seting yang diinginkan.

Pembuatan sistem ini tak lepas dari hasil penelitian yang dilakukan Ford bahwa 75 persen pemilik mobil menginginkan adanya fitur yang dapat membatasi kecepatan mobil. MyKey juga diklaim dapat menghemat penggunaan bahan bakar hingga 15 persen jika dikendarai pada kecepatan antara 88 dan 104 km/jam.

Ford menjadi produsen kendaraan pertama yang membuat teknologi ini. Sistem Ini juga merupakan bagian dari persiapan Ford sebelum pemerintah Amerika Serikat (AS) mengharuskan pabrikan kendaraan melengkapi produknya dengan fitur pembatas kecepatan.

Manfaat lain dari fitur ini adalah dapat menekan tingginya angka kecelakaan yang melibatkan pengemudi remaja. Dengan MyKey, para orang tua dapat membatasi kecepatan. Setidaknya nilai kerugian yang dialami akibat kecelakaan mobil melibatkan remaja mencapai USD3,4 miliar atau lebih dari Rp32,9 triliun setiap tahun di AS.

Ford sendiri baru akan memperkenalkan teknologi ini tahun depan dan akan menjadi fitur standar pada beberapa model Ford Amerika Utara, seperti Focus Coupe 2010. MyKey juga akan melengkapi model Lincoln dan Mercury. (ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s