Rel Kereta Listrik Patah, Jalur Bogor-Jakarta Terhambat

Rel Kereta Listrik Patah, Jalur Bogor-Jakarta Terhambat

Rabu, 8 Oktober 2008 – 08:28 wib

JAKARTA – Batangan rel kereta api listrik (KRL) untuk jalur Jakarta-Bogor mengalami patah di Stasiun Manggarai pada pagi hari ini. Akibatnya, arus KRL pada kedua jalur yaitu arah Jakarta-Bogor dan sebaliknya mengalami gangguan.

Pantauan di lapangan, penumpukan penumpang terjadi di Stasiun Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pasalnya, KRL Ekonomi yang mereka ditumpangi, tertahan di stasiun itu selama 15 menit.

“Kereta api Pakuan, AC Ekonomi, dan ekonomi ke arah Jakarta mengalami keterlambatan karena adanya rel kereta patah di Stasiun Manggarai,” kata seorang petugas melalui pengeras suara di Stasiun Universitas Indonesia, Rabu (8/10/2008).

Terlihat, puluhan penumpang kereta api yang rata-rata merupakan para pekerja kemudian mencari bus umum sebagai alternatif transportasi yang menuju Jakarta. (Iman Rosidi/Trijaya/enp)

Beban Berlebih Penyebab Batang Rel KRL Patah

Rabu, 8 Oktober 2008 – 09:39 wib, Endang Purwanti – Okezone

JAKARTA – Batangan rel kereta api listrik (KRL) yang patah di sisi barat Stasiun Manggarai sekira pukul 06.55 WIB pagi tadi ternyata disebabkan beban rel yang berlebihan.

“Istilahnya fatic, yaitu perbandingan antara usia batangan rel dengan bebannya,” kata Kepala Humas PT KA Daops I Achmad Sujadi kepada okezone, Rabu (8/10/2008).

Pada kasus ini, kata Sujadi, batangan rel usianya masih termasuk muda. Sebab baru saja diganti sekira tahun 90-an.

“Mungkin karena bebannya saja. Lagipula, ketahanan batangan rel itu seperti orang, ada yang kuat pada kondisi tertentu dan ada juga yang tidak,” ujarnya.

Akibat batang rel yang patah, sekira 26 kereta api yang melintas dari Manggarai-Cikini terhambat. Dari 26 kereta api tersebut, 10 merupakan kereta api antar kota, 16 kereta api Jabodetabek.

Sujadi menambahkan, batangan rel yang patah sudah diperbaiki. Sehingga dapat dipergunakan kembali sejak pukul 08.00 WIB.

“Kalau ada kereta api listrik dari Bogor ke Jakarta yang terhambat pada pukul 08.55 WIB, itu karena 26 kereta yang sempat terhambat di stasiun Manggarai harus antre melanjutkan perjalanannya,” kata dia.
(enp)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Railway Transport, Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s