Sepeda Motor Dominasi Kecelakaan Selama Musim Mudik

Selasa, 07/10/2008 19:45 WIB
E Mei Amelia R – detikNews

Jakarta – Mudik lebaran dengan menggunakan sepeda motor sudah menjadi tradisi setiap tahun bagi umat muslim. Tercatat selama lebaran, kecelakaan yang paling banyak terjadi melibatkan sepeda motor.

“Paling banyak sepeda motor. Begitu juga dengan pelanggaran, kebanyakan dilakukan oleh sepeda motor,” ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Abubakar Nataprawira ketika dihubungi wartawan, Selasa (7/10/2008).

Berdasarkan data rekapitulasi data operasi ketupat dari H-5 hingga H+5 yang disampaikan melalui pesan singkat oleh Abubakar, tercatat total kecelakaan lalu lintas sebanyak 1.181 kasus. Parahnya lagi, kecelakaan yang paling banyak terjadi melibatkan sepeda motor yaitu sebanyak 1.426 unit motor.

Kecelakaan dengan mobil penumpang tercatat 349 mobil, sedangkan mobil bus sebanyak 110 unit mobil. Untuk kecelakaan yang melibatkan mobil beban sendiri sebanyak 191 unit.

Lebih lanjut Abubakar menjelaskan penyebab dari kecelakaan yang melibatkan sepeda motor diakibatkan karena pengendara motor melanggar lalu lintas. Pelanggaran tersebut berupa pelanggaran rambu-rambu, kebut-kebutan dan kapasitas muatan melebihi dua orang serta membawa barang terlalu banyak dan itu semua yang mudik menggunakan sepeda motor tanpa kawalan polisi.

“Kalau yang dikawal polisi selamat semua,” ujar Abubakar.

Hal tersebut dijelaskan Abubakar karena mudik menggunakan sepeda motor dengan pengawalan polisi lebih terkontrol kecepatannya dan laju kendaraanya sendiri lebih teratur.

Untuk meminimalisasi kecelakaan tersebut, Polri akan lebih meningkatkan lagi pengamanan dan penjagaan di lapangan untuk ke depannya. Selain itu, Polri tetap mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas yang sudah ada.

“Kesadaran masyarakat akan kecelakaan lalu lintas khususnya untuk pengendara motor itu sendiri sangatlah penting,” pungkasnya.(mei/gah)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Traffic Safety

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s