Jalur Rel Bogor-Sukabumi Akan Difungsikan Kembali


(Foto: Shohib M/ detikcom)

Kamis, 09/10/2008 11:06 WIB

Jalur Rel Bogor-Sukabumi Akan Difungsikan Kembali

Shohib Masykur – detikNews

Jakarta – Jalur rel kereta api Bogor-Sukabumi yang selama ini mati akan difungsikan kembali. Jalur sepanjang 57,9 km yang berhenti beroperasi sejak 2006 ini merupakan jalur alternatif bagi jalan raya Bogor-Sukabumi yang padat.

“Proses pengerjaan sedang berjalan,” kata Kepala Humas Ditjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan Suprapto di sela-sela kunjungan Ditjen Perekeretaapian ke lintas Bogor-Sukabumi, Kamis (9/10/2008).

Menurut Suprapto, sejauh ini anggaran yang dialokasikan untuk mengaktifkan kembali jalur itu mencapai Rp 50 miliar. Angka sejumlah itu dibagi ke dalam 2 tahun anggaran, 2007 dan 2008. Untuk 2007, anggarannya sebesar Rp 6 miliar, dan untuk 2008 Rp 44 miliar.

Untuk 2007, target pengerjaan adalah jalur Bogor-Batu Tulis sepanjang 4,3 km. Pengerjaan tahap ini sudah selesai dilaksanakan. Adapun untuk 2008, targetnya jalur Batu Tulis-Sukabumi sepanjang 53,6 km.

“Untuk yang ini proses masih berjalan. Makanya sekarang kita akan meninjau sejauh mana,” terang Suprapto.

Menurut Kahumas Daops I PT KA Akhmad Sujadi, jalur Bogor-Sukabumi ditutup mulai Juli 2006 karena mengalami kerusakan parah. Kerusakan sebenarnya sudah terlihat akut sejak 2005, namun baru diputuskan untuk ditutup pada medio 2006. Sejak penutupan itu, praktis tidak ada jalur kereta dari Bogor ke Sukabumi.

Lintas Bogor-Sukabumi termasuk salah satu jalur yang ramai. Sebelum ditutup, kata Sujadi, keeta api yang melintas di jalur ini selalu penuh penumpang. Sehari ada dua kali pemberangkatan, pagi dari Bogor dan sore dari Sukabumi.

Jalur ini juga merupakan alternatif bagi jalan raya Bogor-Sukabumi yang sering macet. Bogor-Sukabumi yang harus ditempuh dalam kurang lebih 4 jam melalui jalan raya bisa dipersingkat menjadi hanya 1-1,5 jam dengan kereta api.  (sho/nrl)

Kamis, 09/10/2008 14:05 WIB
Jalur KA Bogor-Sukabumi Akan Difungsikan Akhir November
Shohib Masykur – detikNews

Sukabumi – Jalur kereta api Bogor-Sukabumi yang mati sejak 2006 akan difungsikan lagi mulai akhir November 2008. 4 gerbong dengan total daya angkut 600 penumpang akan diberangkatkan 4 kali sehari.

“Akhir November akan kita operasikan kembali,” kata Dirjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan Wendy Aritenang di sela-sela kunjungan Ditjen Perkeretaapian ke lintasan Bogor-Sukabumi, Kamis (9/10/2008).

Berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan Ditjen Perhubungan, kata Wendy, proses pengaktifan kembali jalur tersebut sudah berjalan 90 persen. “Hanya masih ada beberapa hal yang perlu kita selesaikan,” ujarnya.

Di antaranya, sepanjang rel masih terdapat pepohonan yang terlalu dekat dengan rel sehingga bisa mengganggu lintasan kereta. Beberapa rumah penduduk juga masih tampak terlalu dekat dengan rel yang sudah lebih dari 2 tahun tidak dioperasikan itu.

“Jarak minimal rumah penduduk dengan rel adalah 6 meter. Sepanjang 6 meter dari rel itu tanah milik pemerintah,” terang Wendy.

Untuk menyelesaikan persoalan itu, pihak Ditjen Perkeretaapian akan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Pohon-pohon yang mengganggu akan ditebangi. Rumah-rumah yang terlalu dekat akan digeser.

Menurut Wendy, Pemda setempat menyambut baik pengaktifan kembali jalur ini sehingga mereka terbuka untuk diajak bekerja sama. “Mereka komit untuk membantu,” ujar Wendy.

Jalur kereta api ini bisa menjadi alternatif transportasi Bogor-Sukabumi yang tergolong padat. Jika melalui jalan raya waktu tempuhnya kurang lebih 4 jam, melalui kereta api bisa dipersingkat menjadi 1-1,5 jam.

Rencananya di jalur ini akan dioperasikan kereta rel diesel (KRD) dengan 4 gerbong. Kereta yang dipakai adalah kereta lama yang sudah diperbaiki. Pemberangkatan dilakukan sebanyak 4 kali sehari, 2 dari Bogor dan 2 dari Sukabumi. Daya tampung untuk sekali angkut mencapai 600 orang. Untuk harga tiket belum diputuskan, namun diperkirakan sekitar Rp 2.500.

Setelah jalur Bogor-Sukabumi ini, rencananya Ditjen Perkeretaapian akan melanjutkan dengan pengaktifan kembali jalur Sukabumi-Cianjur dan Cianjur-Bandung. “Namun itu masih tahun depan,” terang Wendy. (sho/iy)

Kamis, 09/10/2008 15:05 WIB
Warga Bernafsu Sambut Beroperasinya Kereta Bogor-Sukabumi
Shohib Masykur – detikNews

Sukabumi – Jalur kereta api Bogor-Sukabumi yang mati sejak 2006 akan dioperasikan akhir November tahun ini. Warga pun menyambutnya dengan antusias.

“Alhamdulillah. Saya senang sekali. Enak banget kalau ada kereta,” kata Ny Hera saat ditemui di Stasiun Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (9/10/2008).

Ibu rumah tangga ini mengaku kereta api lebih nyaman dan ekonomis dibanding angkutan lain. Selain tarifnya lebih murah, perjalanan dari Sukabumi ke Bogor juga bisa ditempuh tanpa berganti-ganti angkutan, lain dengan bus atau kol (angkot).

“Saya baru bilang tadi, tahun 2010 akan ada kereta lagi, eh tahu-tahu saya lihat kereta lewat. Saya senang sekali,” ujarnya dengan wajah berseri disertai senyuman lebar. Ny Hera mengatakan itu diselingi tawa riang. Kereta yang dilihat Ny Hera adalah lokomotif yang ditumpangi rombongan Ditjen Perkeretaapian dalam rangka peninjauan.

Hal serupa diungkapkan Ficky. Mahasiswa Universitas Islam At-Thahiriyyah (UNIAT) Jakarta ini mengaku kembali beroperasinya kereta api Bogor-Sukabumi sangat membantunya.

Untuk pergi ke kampus dari rumahnya di Perumahan Baros, Sukabumi, biasanya dia naik kol dengan tarif Rp 9 ribu. Dengan adanya kereta api dia akan menghemat ongkos jalan. Perjalanan juga akan ditempuhnya dalam tempo yang lebih cepat.

“Kalau naik kol sering kena macet. Bisa sampai 4 jam,” ujarnya.

Karena itu dia menyambut gembira pengoperasian kembali kereta api Bogor-Sukabumi ini. Dia berharap pengoperasian itu bisa direalisasikan secepatnya.

Pantauan detikcom, di sepanjang jalan lokomotif yang ditumpangi rombongan Ditjen Perkeretaapian menjadi tontonan warga. Beberapa warga yang kebetulan sedang bergerombol tampak mengeluarkan sorak gembira. Bahkan ada seorang warga yang sedang membetulkan atapnya berhenti sejenak dari pekerjaannya guna menyaksikan lokomotif itu lewat. Hal ini tentu berbeda dengan warga di sektar rel yang sudah terbiasa dengan desisan ular berasap ini.(sho/nrl)

Kamis, 09/10/2008 16:36 WIB
Jalur Dibuka, Stasiun Sukabumi Bakal Ramai Kembali
Shohib Masykur – detikNews

Jakarta – Selama jalur kereta api Bogor-Sukabumi tidak beroperasi, Stasiun Sukabumi praktis ditutup. Dengan dibukanya kembali jalur tersebut, stasiun itu akan kembali ramai.

“Nanti bakalan ramai lagi nih,” kata Yayan saat ditemui di Stasiun Sukabumi, Kamis (9/10/2008).

Sebelum ditutup, tutur Yayan yang berprofesi sebagai penarik angkot, stasiun itu tergolong cukup ramai. Dia memperoleh lebih banyak penumpang dibanding setelah stasiun itu ditutup.

“Saya suka ngetem di sini. Waktu masih ada kereta penumpang saya lebih banyak,” ujarnya.

Hingga sekarang Yayan mengaku masih sering ngetem di stasiun tersebut. Bukan untuk menunggu penumpang kereta yang akan memanfaatkan jasa angkutannya, melainkan karena memang di dekat stasiun tersebut terdapat pasar. Orang-orang yang pergi ke pasar itulah sekarang yang menjadi pangsa pasarnya.

“Namanya Pasar Pelita. Saya suka menunggu penumpang yang ke pasar,” akunya.

Dengan kembali beroperasinya stasiun Sukabumi, Yayan pun punya harapan baru. Penumpangnya akan bertambah seperti dulu sebelum stasiun itu ditutup.

“Penumpang saya akan nambah,” katanya berharap.

Jalur Bogor-Sukabumi merupakan salah satu jalur kereta api tertua di Indonesia. Menurut Kahumas Daops I PT KA Akhmad Sujadi, jalur itu sudah ada sejak 1906. Hal ini wajar mengingat di daerah sekitar terdapat kebun teh. Dulu di zaman Belanda kereta api memang didapuk sebagai pengangkut utama hasil-hasil perkebunan.

“Jalur ini lebih duluan dibanding jalur-jalur yang lain. Karena di sini banyak perkebunan teh. Dulu kan yang digarap perkebunan,” terang Sujadi.(sho/nrl)

Sumber : detiknews.com

9 Comments

Filed under Railway Transport, Transport News

9 responses to “Jalur Rel Bogor-Sukabumi Akan Difungsikan Kembali

  1. akhirnya setelah menunggu selama kurang lebih 3 tahun kereta api sukabumi bogor beroperasi juga.
    tahun 2005 kebetulan gw masuk IPB n gw terakhir naik kereta bulan maret 2005.
    kecewa juga sih waktu itu kereta ga beroperasi,
    nah sekarang seneng bgt dah kereta api sukabumi bogor bisa jalan lagi. seenggaknya bisa menghemat ongkos dan waktu tempuh.
    kalo naek colt itu kadang macet n bikin jantung deg-degan ga karuan.
    thank you indonesia

  2. agustia ramdan

    Dengan akan diaktifkannya kembali jalur kereta Sukabumi – Bogor ini sungguh sangat membantu bagi kelancaran saya dalam bekerja baik waktu dan ongkos. Menggunakan kereta juga banyak pemandangan indah yang bisa dinikmati sepanjang jalan ( lumayan buat refreshing )
    Keinginan saya : Untuk lebih memperhatikan kesehatan, kalau bisa disiapkan gerbong khusus untuk ” No Smoking Area ” yang full AC. Masalah harga bisa disesuaikan kondisinya.
    Sukses selalu buat PT KA.

  3. NDA

    cihuuiii… finally gw bisa dengar suara itu lagi…

    woooong…gujezzz…gujesssss…🙂
    sukabumi punya kereta lagi beybeh…

  4. yudhi

    Semoga saja pengoperasian KA Bogor Sukabumi akan berjalan dan selanjutnya diperpanjang sd Cianjur Bandung

  5. ecka

    syapa sich,yg gak snenk,kalo kreta jaln lg!!!!!!
    secara,,,,,,dah lama sukabumi gk da kreta….!!!!
    so,saya sbagai warga SMI,mrasa snenk banget…..!!!!!!!!!

  6. Hendri

    Finally, thx god kendaraan fav-ku jalan lagi, meski gw skrg ada di blitar, siapa tau someday pas mudik ke smi bisa naek kereta turunnya langsung di stasiun smi, soalnya selama ini ribet bgt kalo naek kereta cuma sampe bdg abis itu ngebis, ih….gak praktis..
    Makasih PT KAI……mudah-mudahan ntar sukabumi punya kereta sendiri yang melayani rute jarak jauh seperti ke yogya-surabaya atau malang….mimpi kale…

  7. bravo kereta sukabumi…

  8. Pemandangan jalur ini juga keren, jadi sayang apabila nantinya harus ditutup lagi.

    http://www.hedwigus.com/naik-kereta-api-bogor-sukabumi/

  9. Bogor – Sukabumi dibuka,
    klo tidak salah terdapat jalur Sukabumi – Bandung,,
    tapi sudah mati jalurnya..

    seandainya dibuka kembali bisa menjadi alternatif jalur jakarta – bandung via bogor-sukabumi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s