Pesawat Qantas Hilang Kestabilan di Ketinggian 37.000 Kaki

Rabu, 8 Oktober 2008 – 17:08 wib
Anton Suhartono – Okezone
SYDNEY – Penyelidik Australia menyatakan, sebelum pesawat Qantas mendarat darurat Selasa kemarin, panel instrumen sudah memberi tanda adanya permasalahan yang membuat pesawat tidak stabil.

Akibatnya puluhan penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman terlempar dari tempat duduknya dan membentur atap pesawat. Tak ada korban tewas, namun sebanyak 70 penumpang dilaporkan terluka dalam insiden ini.

Pesawat berjenis Airbus A330-300 mengangkut 303 penumpang dan 10 kru dari Singapura menuju Perth. Saat hampir tiba di tujuan, pesawat mengalami masalah di ketinggian 37.000 kaki atau sekira 12.500 m dan terpaksa mendarat darurat di Learmonth.

Seorang penumpang Jim Ford mengatakan, saat itu dia berfikir akan meninggal. Dia juga menyaksikan penumpang lainnya beterbangan dalam kabin. “Kejadian itu sangat heboh dan mengerikan. Ini merupakan pengalaman terburuk dalam hidup saya,” katanya seperti dikutip Associated Press, Rabu (8/10/2008).

Penyelidik dari biro keselamatan transportasi udara (ATSB) Australia sudah mengamankan data penerbangan beserta rekaman suara saat kejadian. Penyelidik juga akan mewawancarai kru dan beberapa penumpang.

Direktur ATSB Julian Walsh mengatakan, pilot sudah menerima pesan elektronik yang berhubungan dengan ketidakberesan pada sistem kontrol elevator. Pada pesawat, sistem ini berfungsi untuk menjaga kestabilan saat di udara. Akibatnya pesawat terhempas dari batas ketinggian amannya dan terbang 300 kaki lebih tinggi. “Kru sudah berinisiatif untuk melakukan upaya darurat. Kemudian pesawat menukik tajam menuju tanah,” paparnya.

Penumpang yang saat itu tidak mengenakan sabuk pengaman langsung terlempar dan membentur langit-langit kabin pesawat.

Walsh menambahkan, sebanyak 14 penumpang mengalami luka serius seperti patah tulang dan gegar otak, namun tak sampai mengancam nyawa mereka. Sebanyak 30 lainnya mengalami patah tulang ringan. Menurutnya, terlalu dini untuk menyimpulkan penyebab insiden ini. Dia menjanjikan penyebabnya akan diketahui dalam 30 hari. (ton)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Air Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s