Mazda Produksi Masal Mobil Hydrogen Dalam 5 Tahun

Sabtu, 11 Oktober 2008 – 12:50 wib, Anton Suhartono – Okezone

TOKYO – Mazda Motor akan menjadi pabrikan mobil kedua setelah Honda yang serius menggarap mobil bertenaga hydrogen secara masal. Pasalnya dalam 5 tahun ke depan, Mazda akan memproduksi masal mesin hydrogen.

Pimpinan Mazda Eropa James Muir kepada AutoCar UK mengatakan, pihaknya akan memproduksi rotary engine hydrogen secara masal paling cepat lima tahun lagi.

Saat ini Mazda sudah menguji coba 30 unit mobil hydrogen model RX-8s yang mampu menempuh jarak hingga 200 km untuk sekali isi ulang tabung. Dalam proyek pengembangan uji coba, Mazda bekerjasama dengan perusahaan Norwegia HyNor.

Menurut Muir, dalam uji coba bahan bakar gas dan perawatan merupakan tantangan terbesar. Apalagi hydrogen yang digunakan Mazda adalah jenis gas (solid) bukan cair (liquid). Muir juga menandaskan, ada kemungkinan pihaknya melengkapi mobil hydrogennya dengan bahan bakar hydrogen ganda.

Mobil sport RX-7, nampaknya akan menjadi model Mazda pertama versi produksi yang dilengkapi dengan varian hydrogen. Belum ada penjelasan akapn produksi akan dimulai. Selain teknologi hydrogen, model ini juga akan dilengkapi dengan teknologi pengurangan bobot kendaraan, peningkatan performa, dan ramah lingkungan.

Sebelumnya Honda sudah memulai penyewaan 200 unit mobil hydrogen di Amerika Serikat. Honda juga akan mulai menyewakannya di Jepang akhir tahun ini. Tahap penjualan dan produksi masal, segera dilakukan setelah fasilitas penunjang, seperti stasiun pengisian bahan bakar hydrogen, sudah banyak dibangun. (ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s