Sebanyak 82% Mobil di AS Gunakan Bluetooth

Sabtu, 11 Oktober 2008 – 13:15 wib, Anton Suhartono – Okezone

BUKAN rahasia lagi, pertumbuhan jumlah kendaraan juga memicu penggunaan teknologi entertainment yang lebih inovatif. Diperkirakan 82 persen mobil yang dipasarkan di Amerika Serikat menggunakan koneksi bluetooth.

Lebih terperinci, sebanyak 58 persen mobil yang sudah terjual di AS dilengkapi dengan fitur media player atau penghubung iPod. Jika dibanding mobil model 2008, terjadi pertumbuhan sebesar 125 persen. Menurut laporan Automotive News yang mengutip penelitian iSuppli, tahun ini saja, sebanyak 82 persen mobil baru yang dijual di AS akan dilengkapi dengan koneksi bluetooth. Ini merupakan respon produsen mobil yang meningkatnya keinginan konsumen akan kenyamanan dalam kendaraan.

Secara bertahap, bluetooth akan menggantikan penggunaan koneksi USB. Saat ini hanya sepertiga dari mobil model 2009 yang dilengkapi dengan koneksi USB. Dengan koneksi bluetooth, komunikasi dan hiburan apa pun dapat dilakukan pengemudi sambil menyetir.

Kondisi ini menunjukkan, semakin kuatnya penggunaan mobil sebagai bagian dari gaya hidup ketimbang dari sisi fungsi sebagai alat transportasi. Dahulu fitur koneksi USB dan Bluetooth, hanya digunakan pada mobil-mobil premium. Namun kini sudah menjamah ke mobil menengah.

Sebut saja Ford yang menggandeng Microsoft menggunakan fitur ini yang dinamakan Sync system. Pabrikan lain juga menggandeng perusahaan teknologi informasi untuk mengembangkan fitur serupa. (ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s