Teknologi Komunikasi Antar Mobil Hindari Kecelakaan

BRUSSSELS – Uni Eropa mencetuskan langkah maju dalam pengembangan teknologi komunikasi antar satu mobil dengan mobil lainnya. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan kemacetan.

Ini merupakan bagian dari program EU Intelligent Car Initiative yang sudah dicanagkan sejak 2006 lalu. Program ini pertama kali dicetuskan atas keprihatinan tingginya angka kecelakaan dan kemacetan lalu lintas. Berbagai perangkat teknologi informasi diaplikasikan dalam kendaraan uji coba.

Salah satu yang dikembangkan adalah perluasan band frekuensi radio yang akan disepakati negara-negara Uni Eropa. Lebar frekuensi 30Mhz dalam jangkauan 5,9 GHz akan dialokasikan dalam enam bulan ke depan untuk mensukseskan program keamanan Uni Eropa. Jepang dan Amerika sudah lebih dulu melakukan program perluasan band frekuensi untuk komunikasi antar mobil ini. Ini akan berguna dalam menciptakan pola komunikasi antar mobil. Tak hanya itu, komunikasi juga bisa dijalin dengan rambu lalu lintas, seperti lampu dan lainnya.

Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan jika ada kendaraan yang mendekat dalam jarak yang tidak aman. Selain itu, juga membantu mengarahkan kendaraan untuk tidak melewati satu lokasi yang terjadi kepadatan. Sebelumnya, produsen mobil Jerman Audi sudah melakukan uji coba perangkat ini di kota Ingolstald. Merek mobil Jerman lainnya juga berencana melakukan uji coba akhir tahun ini.

Sementara Ford Motor sudah memperkenalkan teknologi yang dinamakan Smart Intersection yang memanfaatkan navigasi dan perangkat komunikasi nir kabel. Sama dengan yang dikembangkan produsen kendaraan Jerman, manfaat teknologi ini dapat menghindari kepadatan lalu lintas dan sistem peringatan dini jika ada kendaraan mendekat. Hal yang sama juga sudah dilakukan Nissan dan Volvo.

Melihat perhatian pemerintah dalam hal ini Uni Eropa yang mendukung percepatan dan penyediaan fasilitas komunikasi frekuensi, tak tertutup kemungkinan, ke depan fitur ini akan menjadi standar, setidaknya untuk kendaraan yang dipasarkan di Eropa. (ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives, Traffic Safety

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s