Car Free Day, Polusi Pindah ke Kawasan Lain


Car free day di Jl MH Thamrin

Minggu, 12/10/2008 15:35 WIB
Chairina Fatia – detikNews

Jakarta – Car free day adalah sarana mengurangi polusi udara. Di daerah yang diterapkan program tersebut polusi memang berkurang. Tapi rupanya polusi berpindah ke kawasan pengalihan arus lalu lintas.

“Kalau untuk mengurangi pencemaran udara, ya. Di tempat itu akan berkurang. Tapi justru pencemaran itu akan terjadi di jalur alternatif,” ujar pengamat transportasi dari Intrans, Darmaningtyas, Minggu (12/10/2008).

Car free day ini, menurut Darmaningtyas, adalah langkah awal untuk mendorong masyarakat mengurangi pemakaian kendaraan pribadi. Ini juga bisa untuk mengajak masyarakat agar menggunakan kendaraan umum.

“Itu bagus untuk memperkenalkan orang meninggalkan kendaraan pribadi. Tapi, dengan syarat kendaraan umum harus dibereskan terlebih dahulu. Agar masyarakat tertarik untuk menggunakan kendaraan umum, ” urainya.

Menurut Darmaningtyas, sejauh ini pengaruh car free day sendiri pasti telah memberikan dampak positif walaupun belum terlalu signifikan.

“Teman-teman penyelenggara program ini pasti sudah melakukan monitoring dan evaluasi. Karenanya sekarang diperluas (ke Kuningan), minimal sudah ada dampak positifnya,” jelasnya.

Alternatif lain untuk mengurangi polusi selain car free day, bisa dilakukan seperti wacana yang dulu pernah ada yaitu penerapan kendaraan bernomor ganjil dan genap dan pembatasan kendaraan berdasarkan usia. Kemudian, bisa saja di tempat tertentu instansi pemerintah menggunakan angkutan umum.

“Misalnya Departemen PU, memakai angkutan umum semua. Sekarang ini Pemda DKI mulai antar jemput pegawainya menggunakan bus. Itu bukan hanya mengurangi kemacetan tapi menghemat BBM. Ketepatan karyawan tiba di kantor juga terjamin,” kata Darmaningtyas.

Pemprov DKI Jakarta secara rutin menggelar car free day di sepanjang Jl Sudirman-Jl MH Thamrin. Pada hari ini, kebijakan itu diperluas di Jl Rasuna Said, Kuningan, Jaksel.  (crn/nrl)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Pollution, Public Transportation, Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s