Di Inggris Jualan Mobil Anjlok 21,2%

Kamis, 9 Oktober 2008 – 10:30 wib, Abdul Azis – Okezone

LONDON – Penjualan mobil baru di Inggris turun untuk kelima kalinya pada September 2008. Penurunan ini merupakan dampak dari krisis kredit pembiayaan yang menular dari Amerika Serikat.

Biasanya, September merupakan bulan dengan volume penjualan tertinggi terbesar kedua di negeri berjuluk Three Lions ini. Tetapi tidak demikian pada tahun ini yang mengalami penurunan hingga 21,2 persen unit dibanding bulan yang sama tahun lalu menjadi, atau turun sebanyak 330.300 unit.

Berdasarkan data Society of Motor Manufacteres and Traders (SMMT) Inggris, kemerosotan tersebut merupakan peristiwa terburuk sejak 1999. Di minggu pertama September saja, telah terjadi penurunan sekira 7,5 persen. Sehingga total penjualan keseluruhan sebanyak 1.794.400 unit.

“Penurunan penjualan mobil baru ini merupakan yang kelima kalinya dalam bulan September. Hal ini memang kondisi ekonomi terburuk selama 17 tahun belakangan,” kata Everitt, SMMT CEO seperti dikutip Automotive News.

Karena itu Everitt menghimbau pemerintah untuk segera mengambil langkah agar kepercayaan konsumen kembali. Pasalnya peristiwa seperti ini, diprediksi masih berlanjut hingga triwulan ketiga tahun depan.

Tren penurunan penjualan mobil secara global memang menunjukkan penurunan. Ini terlihat sejak harga minyak merangkak naik sejak tahun lalu. Sebelumnya, Presiden Toyota Motor Corporation memprediksikan, penjualan keseluruhan mobil di Amerika Serikat selama 2008 akan turun menjadi 14 juta unit dari 16,5 juta pada tahun lalu. Amerika merupakan negara dengan pasar automotif terbesar di dunia. (ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s