Kecelakaan Intai Pengemudi Remaja

Foto : ist

Senin, 13 Oktober 2008 – 09:57 wib, Anton Suhartono – Okezone

REMAJA merupakan salah satu segmen terbesar penyumbang kecelakaan lalu lintas di Inggris. Menurut studi, mobil yang di dalamnya ditumpangi lebih satu penumpang remaja, dapat memicu kecelakaan hingga tiga kali lipat.

Studi yang dilakukan asosiasi asuransi Inggris (ABI) dan dilaporkan The Times mengungkap, remaja yang baru 30 minggu lulus uji coba mengemudi, sangat berisiko jika membawa mobil dengan mengajak lebih dari satu teman.

Menurut penelitian ABI, pengemudi remaja (di bawah 20 tahun) lebih rentan digoda untuk membawa mobil secara agresif oleh teman-temannya. Untuk itu, aturan yang membatasi pengemudi remaja hanya mengajak satu teman saat mengendarai mobil, dapat mengurangi risiko kecelakaan dibanding mengajak tiga atau empat teman lainnya. ABI merekomendasikan, hanya pengemudi yang sudah melewati masa enam bulan dari waktu kelulusan ujian mengemudi, dapat mengemudikan mobil dengan lebih dari satu teman.

Insiden kecelakaan yang menyebabkan kematian remaja di beberapa kota di Inggris terus meningkat. Data ini akan dijadikan rekomendasi kepada pihak terkait untuk meningkatkan pengawasan kepada remaja yang baru lulus dari uji mengendarai mobil.

Amerika Serikat (AS) sudah mengeluarkan aturan pembatasan mengemudi bagi usia di bawah 20 tahun. Hasilnya, potensi kecelakaan fatal berkurang hingga 37 persen pada 2007.

ABI memprediksikan, sebanyak 270 kasus kecelakaan yang menyebabkan kematian atau luka serius remaja, dapat dikurangi setiap tahun jika diterapkan aturan ini.

Data di AS pada 2006 menunjukkan, kasus kecelakaan yang melibatkan remaja menyebabkan 400.000 luka dan 2.541 meninggal. Sementara kerugian ekonomi yang disebakan kecelakaan tersebut mencapai USD34 miliar atau lebih dari 336,6 triliun.

Tak hanya regulasi, pabrikan mobil juga aktif menciptakan teknologi yang dapat mengantisipasi kecelakaan remaja. Seperti yang dilakukan Ford Motor baru-baru ini yang memperkenalkan fitur MyKey. Fitur berbentuk kunci ini, dapat membatasi kecepatan maksimum mobil. Ini bisa dijadikan alat bagi para orang tua, untuk menjamin keamanan anak mereka saat mengendarai mobil. (ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Traffic Safety

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s