Krisis Juga Serang Bisnis Penerbangan


foto: AP
Minggu, 12 Oktober 2008 – 14:04 wi, Nuria – Okezone
PARIS – Perusahaan penerbangan yang terserang krisis finansial global tengah merevisi jadwal penerbangan mereka. Para analis melihat langkah tersebut untuk menekan harga dan kapasitas usaha.

Seperti dilansir dari AFP, Minggu (12/10/2008), maskapai British Airways merupakan penerbangan yang terserang krisis.

“Lalu lintas penerbangan premium turun setelah musim panas. Pemesanan juga dipengaruhi oleh kepanikan di pasar keuangan dan ketidakpastian ekonomi global,” papar laporan dari British Airways.

Maskapai ini mengalami penurunan 8,6 persen di tarif premium dan 4,1 persen di tarif nonpremium dibanding bulan lalu. Adapun perusahaan ini menjalankan 10 penerbangan setiap harinya dengan tujuan dua pusat finansial dunia, yakni London dan New York.

Krisis finansial memang telah menjalar ke pasar keuangan, dan mulai terlihat menyerang sektor ekonomi lain seperti manufaktur, kunjungan wisatawan, dan perumahan.

“Laporan tersebut juga bisa disetarakan untuk Virgin Atlantic, meski tidak ada publikasi. Rute Virgin Atalntic juga fokus ke wilayah sama,” kata analis dari maskapai penerbangan Paris yang tidak mau disebutkan namanya.

Selain itu, maskapai penerbangan Prancis KLM pada bulan September melihat tingkat penumpang yang kecil sejak awal tahun. Sementara maskapai Belanda The Franco, tidak mau mempublikasikan tingkat penerbangannya.

Asosiasi Penerbangan Asia Pasifik (The Association of Asia Pacific Airlines/AAPA) memaparkan, pelemahan jumlah penumpang merupakan tantangan terbesar di sektor usaha ini. Dalam jangka waktu 12-18 bulan ke depan merupakan masa sulit bagi maskapai dan beberapa maskapai tidak akan bertahan.

Salah seorang analis mengatakan, untuk meningkatkan kembali permintaan dan dengan adanya penurunan harga minyak, maskapai bisa memotong kapasitas melalui mengurangi jumlah penerbangan, menggunakan pesawat kecil, dan memotong harga tiket.

“Di AS, sejumlah maskapai menambah dan memotong kapasitas dan mencoba untuk mengatur hal tersebut. Di Eropa, perusahaan masih menaikkan kapasitas produksinya. Maka itu asumsi saya, mereka juga akan melakukan langkah tersebut ,”kata seorang analis di London. (ade)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Air Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s