Minibus rombongan wisatawan terguling di Gunungkidul

Senin, 13 Oktober 2008 09:53

TANJUNGSARI: Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur menuju objek wisata Pantai Baron, di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari,Gunungkidul, Minggu siang (12/10) kemarin. Sebuah minibus  bernomor polisi AD 1509 B yang mengangkut rombongan wisatawan asal Desa Watukelir Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, terperosok dan terguling di tanjakan dari arah Pantai Baron menuju Pantai Kukup. Akibat kecelakaan tunggal yang terjadi, empat korban masing-masing Martini (24), Dimas Herlambang (24), Katiyem (35), dan Senen (45), pengemudi minibus mengalami luka dan mendapatkan perawatan intensif di RSUD Wonosari. Sedangkan beberapa penumpang lain hanya mengalami luka ringan.

Menurut Tugino, salah satu penumpang minibus yang selamat, kecelakaan tunggal terjadi saat minibus yang mengangkut rombongan wisatawan asal Watukelir ini berniat melanjutkan kunjungan ke Pantai Kukup, setelah sebelumnya berwisata di Pantai Baron. Namun saat menaiki tanjakan di dekat pertigaan selatan pos retribusi, mesin minibus mendadak mati karena tak kuat menanjak. Meski saat itu kernet minibus langsung turun untuk mengganjal roda, namun minibus itu tetap  melorot dan akhirnya terperosok.
“Kami langsung panik. Saya dan kernet minibus melompat turun dan berupaya mengganjal roda minibus namun tetap gagal. Minibus tetap melorot, terperosok dan akhirnya terguling ke kiri. Kami langsung berteriak minta pertolongan kepada warga yang berada di sekitar lokasi kejadian,” terang Tugino kepada Harian Jogja di RSUD Wonosari.
Aris Mulyadi, penumpang minibus yang saat itu duduk tepat dibelakang sopir mengaku masih sadar saat minibus terguling. “Saya masih sadar saat bus keplorot dan terguling. Seluruh penumpang yang berada di dalam minibus berhamburan seperti dikopyok,” kenang Aris disela menjaga Martini, istinya yang mengalami luka di kening.
Sementara pengemudi minibus, Senen, saat ditemui Harian Jogja mengaku jika ia benar-benar tak menyangka minibus yang dikemudikannya bakal mengalami kecelakaan. Menurutnya, sebelum berangkat, ia telah mengecek kondisi mesin mobilnya dan dalam keadaan layak jalan. “Sebelum berangkat jam 08.00 WIB dari Sukoharjo, kendaraan sudah kami cek baik rem, kopling, maupun mesinnya. Semuanya normal,” kata Senen.
Ia juga menampik jika kecelakaan terjadi karena ia tidak mengenal medan jalan di kawasan pantai selatan Gunungkidul. Pasalnya, ia sudah kerap mengantarkan rombongan wisatawan ke Pantai Baron  maupun pantai yang lain. “Saya sudah berkali-kali kesini mengantarkan rombongan wisatawan, jadi saya hafal betul medan jalan yang naik turun dan berkelok-kelok,” terang lelaki bercambang yang mengaku sudah 15 tahun menjalani profesi sebagai sopir minibus ini.
Dikonfirmasi, Dyah Herawati, dokter jaga IRD RSUD Wonosari mengaku jika beberapa korban kecelakaan yang dirawat di RSUD Wonosari hanya mengalami luka ringan. Dari hasil pemeriksaan dan foto rontgen yang dilakukan, dipastikan tidak ada korban yang menderita patah tulang. “Luka yang dialami para korban terjadi akibat benturan. Mereka hanya mengalami trauma, sehingga butuh waktu untuk memulihkan kondisi mereka,” terang Dyah.
Terpisah, Kanit Laka Lantas Sat Lantas Polres Gunungkidul, Iptu Sunarto , menyatakan jika pihaknya telah melakukan olah TKP dan mengamankan minibus naas ke Mapolres Gunungkidul untuk penyelidikan kasus lebih jauh. “Minibus yang mengalami kecelakaan telah kita amankan ke Mapolres Gunungkidul untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut,”terang Iptu Sunarto.

Daftar Korban Kecelakaan yang mengalami luka
Luka akibat benturan/trauma    :
Dimas Herlambang (14)
Katiyem (35)
Martini (24)
Senen (45)

Luka ringan:
Widodo
Aris Mulyadi
Panut
Sri Haryani
Tukinem
Surip
(Sumber: Unit Laka Sat lantas Polres Gunungkidul)

Oleh Endro Guntoro

Sumber : Harian Jogja

Leave a comment

Filed under Public Transportation, Traffic Safety

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s