Hari Kedua Operasi Portal Busway, Puluhan Pengendara Ditilang

Jumat, 17/10/2008 10:40 WIB

Hari Kedua Operasi Portal Busway, Puluhan Pengendara Ditilang

Taufiqqurahman – detikNews

Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta – Portal busway sudah dioperasikan sejak Kamis 16 Oktober 2008 dan sudah banyak kendaraan yang ditilang karena melanggar. Namun di hari kedua ini, ternyata masih banyak pengendara yang bandel dengan memasuki jalur busway.

Pantauan detikcom di Halte Kwitang, masih banyak motor dan mobil yang melenggang di jalur khusus TransJakarta itu. Mereka pun menjadi sasaran empuk petugas yang telah berjaga.

“Mereka itu mendapatkan SIM membeli atau dengan tes. Masak membaca rambu-rambu saja tidak bisa. Kan jelas jalur ini khusus untuk busway. Ya kita tilang,” kata Kasubdin Pengendalian Lalu lintas Pemprov DKI Jakarta Riza Hakim, Kamis (17/10/2008).

Untuk menghindari tilang petugas, banyak pengendara motor bahkan mobil yang mencoba kabur. Mereka mengangkat motornya keluar dari jalur busway. Sedangkan pengendara mobil, mencoba sekuat tenaga agar mobilnya keluar dari jalur busway.

Hingga pukul 10.30 WIB kendaraan yang masuk jalur busway masih ada. Jumlah pengendara yang ditilang pun terus bertambah.(ken/iy)

Jumat, 17/10/2008 10:41 WIB
Langgar Portal Busway Kwitang, 240 Pengendara Kena Tilang
Niken Widya Yunita – detikNews
Jakarta – Portal jalur bus TransJ di Kwitang, Jakarta Pusat, membuat para pelanggan penerobos busway kena getahnya. Sebanyak 240 pengendara kena tilang setelah pengoperasian portal Kamis kemarin.

“240 Motor dan mobil ditindak dari pagi sampai malam,” ujar Kepala Sub Dinas Teknik Lalu Lintas Jalan Dishub DKI Muhammad Akbar dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (17/10/2008).

Menurut Akbar, portal busway efektif membuat penerobos jera. Hari ini hingga pukul 10.00 WIB kendaraan yang kena tilang portal hanya 10.

Oleh karena itu, lanjut Akbar, jumlah petugas yang menilang pada hari ini akan dikurangi dari hari kemarin. Kalau kemarin petugas dari polisi dan Dishub ada 10 petugas, hari ini hanya ada 6 petugas.

Akbar membantah pihaknya tidak melakukan sosialisasi pemasangan portal sehingga banyak penerobos jalur terjebak.

“Mereka sudah tahu melanggar. Mereka juga sudah tahu ada rambu larangan masuk setahun lalu. Untuk sosialiasi saya juga sudah pasang spanduk, berisi “Hati-hati portal di lajur busway yang dipasang di ujung jalur busway,” beber Akbar.
(nik/nrl)

Jumat, 17/10/2008 10:55 WIB
6 Anggota TNI Langgar Busway KwitangTak Ditilang
Taufiqqurahman – detikNews
Jakarta – Sejumlah pengendara yang nekat menerobos busway Kwitang ditilang petugas. Namun anggota TNI yang juga melanggar anehnya bebas dari jeratan petugas. Mereka hanya diminta keluar dari jalur khusus TransJakarta itu.

Kenapa begitu? “SIM mereka kan beda, siapa yang mau menilang,” kata Kasubdin Pengendalian Lalu lintas Pemprov DKI Jakarta Riza Hakim di Halte Kwitang, Jakarta Pusat, Jumat (17/10/2008).

Dari catatan petugas, sudah ada 6 anggota TNI yang melanggar jalur khusus koridor II (Pulogadung-Harmoni) itu. “Tadi ada yang pakai mobil, langsug dipaksa keluar,” lanjut Riza.

Hari ini merupakan hari kedua pengoperasian portal busway di Kwitang. Meski pada Kamis 16 Oktober telah banyak pengendara yang ditilang karena melanggar, ternyata masih banyak pemakai jalan yang bandel.

Puluhan pengemudi mobil dan bikers ditilang petugas gabungan polisi dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta di Halte Kwitang. Banyak juga pengendara motor yang mencoba kabur untuk menghindari tilang petugas dengan mengangkat motornya keluar dari busway.

Hingga pukul 10.00 WIB, sudah 10 pengendara yang ditilang. Sedangkan Kamis kemarin, 240 pengendara kena jaring.(ken/nrl)

Jumat, 17/10/2008 11:16 WIB
Giliran Buncit, Daan Mogot & Suprapto Dipasang Portal Busway
Niken Widya Yunita – detikNews
Jakarta – Jalur bus TransJ Kwitang, Jakarta Pusat menjadi tempat uji coba dipasangnya portal. Kalau Kwitang sukses, Warung Buncit, Daan Mogot, Suprapto dan Perintis Kemerdekaan akan mendapat giliran pemasangan portal.

“Kita pasang yang prioritas sering diserobot dulu seperti Warung Buncit, Daan Mogot, Suprapto dan Perintis Kemerdekaan,” ujar Kepala Sub Dinas Teknik Lalu Lintas Jalan Dishub DKI Muhammad Akbar dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (17/10/2008).

Menurut Akbar, nantinya semua portal akan dipasang di semua jalur bus TransJ. Namun waktunya bertahap.

Akbar menuturkan, portal di Kwitang merupakan sumbangan dari salah satu perusahaan. Portal itu masih diuji coba alatnya. Untuk pemasangan portal selanjutnya, lanjut Akbar, akan ada proses lelang.

“Yang di Kwitang evaluasinya dua bulan setelah itu baru ada proses lelang untuk pemasangan di lokasi prioritas,” kata dia.

Sementara itu, soal ngadatnya portal pada Kamis siang, Akbar mengakuinya. Namun sejak kemarin sore, portal sudah terpasang kembali.

“Kemarin itu rusak karena ada gangguan. Sore kemarin sudah dioperasikan kembali. Jadi portal buka tutup otomatis. Dalam hal tertentu, misalnya ada mobil ambulans dan kebakaran, alat dilengkapi tombol oleh petugas, sehingga petugas bisa langsung membukanya,” papar Akbar.
(nik/iy)

Jumat, 17/10/2008 12:13 WIB
Nyelonong ke Busway
Banyak Pejabat Tunjukkan ID Agar Tak Ditilang
Taufiqqurahman – detikNews
Jakarta – Kalau anggota TNI bisa lepas dari tilang setelah melanggar busway, tidak begitu dengan pegawai pemerintah. Meski telah menunjukkan kartu identitas, mereka tetap ditilang.

“Banyak pejabat yang menunjukkan kartu identitas biar nggak ditilang, tapi tetap kita tilang,” kata Iwan Trida, Kepala Seksi Penertiban Lalu lintas Pemprov DKI Jakarta di Halte Kwitang, Jumat (17/10/2008).

Iwan mengatakan, bahkan ada pejabat dari Depkum HAM yang sampai turun ke mobil. “Padahal dia pakai sopir. Sampai turun biar nggak ditilang,” lanjutnya.

Iwan mengatakan, hingga pukul 11.30 WIB, sudah lebih dari 60 pengendara motor dan mobil yang ditilang petugas karena nyelonong ke jalur TransJakarta. Mereka tidak bisa membayar denda di tempat.

“Mereka harus ke pengadilan untuk bayar denda,” tandas Iwan.

Hari ini merupakan hari kedua pengoperasian portal busway di Kwitang. Meski pada Kamis 16 Oktober telah banyak pengendara yang ditilang karena melanggar, ternyata masih banyak pemakai jalan yang bandel.

Puluhan pengemudi mobil dan bikers ditilang petugas gabungan polisi dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta di Halte Kwitang. Banyak juga pengendara motor yang mencoba kabur untuk menghindari tilang petugas dengan mengangkat motornya keluar dari busway.

Hingga pukul 10.00 WIB, sudah 10 pengendara yang ditilang. Sedangkan Kamis kemarin, 240 pengendara kena jaring.(ken/iy)

Jumat, 17/10/2008 13:48 WIB
Tak Ada Petugas, Kendaraan Masuk Jalur TransJ Bebas Tilang
Taufiqqurahman – detikNews
Jakarta – Puluhan mobil masuk jalur bus Transjakarta meskipun sudah dipasangi portal penutup jalan. Sayangnya, tidak ada polisi yang menindak. Akhirnya mereka pun melindas pembatas jalur busway dan kembali ke jalur utama dan bebas dari tilang.

Pantauan detikcom, Jumat (17/10/2008) pukul 13.30 WIB, penumpukan kendaraan di jalur busway di Kwitang hingga lebih dari 100 meter. Hal ini disebabkan karena portal yang menutup jalur tersebut belum dibuka.

Hari ini merupakan hari kedua pengoperasian portal busway di Kwitang. Meski pada Kamis 16 Oktober telah banyak pengendara yang ditilang karena melanggar, ternyata masih banyak pemakai jalan yang bandel.

240 Pengemudi mobil dan bikers telah ditilang petugas gabungan polisi dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta di Halte Kwitang. Banyak juga pengendara motor yang mencoba kabur untuk menghindari tilang petugas dengan mengangkat motornya keluar dari busway.

Sayangnya, hingga pukul 13.45 WIB, polisi dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta tidak ada di tempat. Pengendara pun luput dari tilang.(anw/iy)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Public Transportation, Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s