Honda Insight, Mobil Hybrid Pesaing Toyota Prius

Honda Insight Concept/ist

Jum’at, 17 Oktober 2008 – 09:45 wib

HONDA benar-benar serius memburu pasar hybrid. Honda Insight yang dikenalkan di Paris Motor Show 2008, disiapkan untuk menyaingi Toyota Prius dan Chevrolet Volt.

New Insight Concept, produk andalan Honda, merupakan generasi kedua dari Insight yang diperkenalkan pertama pada 1999. Mengambil basis potongan desain Honda FCX fuel cell, Insight terbaru ditargetkan Honda sebagai produk penting di segmen kendaraan hybrid lima penumpang, paling tidak untuk dua tahun ke depan.

Insight terbaru rencananya mulai dipasarkan di Amerika pada awal musim panas tahun depan. Inilah mobil yang dalam beberapa bulan terakhir banyak diributkan sebagai penantang kuat Toyota Prius dan calon produk baru General Motors (GM), Chevrolet Volt. Honda bahkan memberi gambaran harga Insight terbaru mendekati Prius.

Besar kemungkinan Insight akan dibandrol mulai harga USD19.000 atau sekira Rp184 juta. Lebih murah dari varian terbawah Prius yang dilepas seharga USD22.000 atau sekira Rp213 juta. Sementara GM yang akan melansir Volt dikabarkan sedikit terganggu dengan harga yang berkisar USD30.000 hingga USD40.000 (Rp291 juta – Rp388 juta).

Dikabarkan, prinsipal Toyota Jepang mulai gerah dengan kabar munculnya Insight. Pasar yang sudah tenang di Amerika dan beberapa negara Eropa lainnya diperkirakan goyah dengan datangnya Insight. “Sebenarnya, Honda Insight merupakan pionir teknologi hybrid di AS. Produk ini sekaligus mengingatkan simbol Honda yang berkomitmen pada inovasi teknologi dan efisiensi bahan bakar,” ujar Takeo Fukui CEO Honda Motor Co. Insight terbaru diproyeksikan sebagai landasan baru konsumen yang membutuhkan kendaraan hybrid untuk mencari solusi kendaraan irit bahan bakar.

Tak ketinggalan, konsumen yang mencari mobil hybrid dengan harga menguntungkan. Insight Concept mendefinisikan sebuah tahapan baru dari evolusi teknologi hybrid yang lebih murah dan efisien. Mobil ini dikabarkan akan mengusung mesin rancang bangun Honda, Integrated Motor Assist (IMA) berteknologi hybrid.

Seperti Honda FCX fuel cell yang menimbulkan banyak terobosan, Insight Concept juga didesain dengan titik gravitasi rendah dan ruang kabin lapang untuk lima penumpang dewasa.Honda bahkan mengatakan,desain interiorInsightConceptakanmemberikan nuansa kesenangan mengemudi yang tak pernah dirasakan sebelumnya pada kendaraan sejenis.

Pencahayaan biru dipakai untuk menerangi seluruh kabin,membuat pengemudi terasa nyaman. Bersama desain eksterior yangaerodinamis, Insight Concept yang dibekali 5 pintu memberikan kemudahan dan kenyamanan akses bagi penumpangnya. Bahkan, bangku belakang yang dapat direbahkan merupakan wujud kenyamanan baru penunjang gaya hidup pengguna.

Insight Concept sendiri sebetulnya berukuran lebih kecil dari FCX fuel cell. Pun demikian, Honda mengklaim Insight Concept memiliki fungsi sebesar kemampuannya menghemat penggunaan bahan bakar. Dan, tentu saja, faktor kesenangan mengemudi juga menjadi tolok ukur penting.

Bersama Civic Hybrid, Insight Concept akan diproduksi di pabrik Honda di Suzuka, Jepang. Dengan target penjualan global 200.000 ribu unit per tahun, Honda berharap setengah dari total target itu diserap pasar Amerika Utara. (sindo//ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s