Pembangunan Rel Ganda Belum Bisa Dilaksanakan

Jum’at, 17 Oktober 2008 – 18:22 wib

JAKARTA – Pembangunan fisik proyek Double-Double Track (rel ganda) masih belum dapat dilakukan. Padahal, penertiban bangunan liar di atas lahan proyek  berjalan lancar dan sudah diselesaikan.

Bagian Pembebasan Lahan DDT Departemen Perhubungan (Dephub) Heri Ernanto mengatakan, pembagunan fisik proyek ini tetap belum bisa dilakukan. Pasalnya masih terdapat sebanyak 173 bidang lahan yang belum diselesaikan oleh Dephub.

“Totalnya mencapai 16.897 meter persegi,” kata Heri, Jumat (17/10/2008).

Lokasi bidang lahan ini tersebar di empat kelurahan, di antaranya Kelurahan Pulo Gebang, Penggilingan, Jatinegara, dan Cipinang. Rinciannya, empat bidang siap untuk dibayarkan karena sudah dilakukan pengukuran, 21 bidang belum bisa dibayar karena masih didata dan diukur oleh Badan Pertanahan Negara (BPN), dan 109 bidang lahan masih dalam penyesuaian ukuran lahan antara pihak BPN dengan Kantor Pratama Pelayanan Pajak Bumi Dan Bangunan (KPPPBB).

“Sisanya adalah lahan bekas tanah negara yang statusnya masih dalam pembuktian,” kata dia.

Penertiban bangunan liar untuk lahan rel ganda pada hari ini dilakukan di atas tanah milik PJKA. Jumlah bangunan yang berhasil ditertibkan yaitu 278 bangunan yang tersebar di tiga kelurahan dan di Kecamatan Cakung.

Untuk diketahui, pada hari pertama penertiban, sebanyak 116 bangunan liar dibongkar mulai dari keluarahan Kebon Manggis hingga kelurahan Pisangan Baru. Sedangkan pada hari kedua sebanyak 246 bangungan dibongkar di lima kelurahan, Kelurahan Rawa Bunga, Kampung Melayu (Kecamatan Jatinegara), Kelurahan Pisangan Timur, Jatinegara Kaum, dan Kelurahan Cipinang (Kecamatan Pulo Gadung).(Isfari Hikmat/Sindo/enp)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Railway Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s