2020, Populasi Mobil di Dunia Capai 1 Miliar Unit

Foto: Ist

Selasa, 21 Oktober 2008 – 11:32 wib, Anton Suhartono – Okezone

BEIJING – Salah satu produsen mobil terbesar dunia General Motors memprediksikan, pada 2010 populasi mobil di dunia akan tumbuh menjadi 1 miliar unit. Angka tersebut meningkat 22 persen dibanding tahun ini.

Kondisi ini tentu mendatangkan masalah baru, tak hanya bagi lingkungan. Namun juga ketersediaan bahan bakar yang masih menjadi penggerak utama kendaraan.

“Permintaan energi untuk sektor transportasi akan terus meningkat. Kebutuhan energi untuk transportasi akan melonjak 70 persen pada 2030 dibanding 2004,” tutur Andreas Lippert direktur GM untuk energi global seperti dikutip Bloomberg, Selasa (21/10/2008).

Untuk menyiasati kondisi ini, berbagai produsen mobil berupaya mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil pada produk-produknya. Untuk itu, pada era 2010-an, mobil hybrid, plug-in hybrid, fuel cell, maupun murni listrik perlahan akan menjadi tren dan banyak digunakan. Termasuk mobil yang menggunakan bahan bakar campuran ethanol atau fuel flex.

Pada 2009, General Motors berencana meluncurkan 32 model mobil di seluruh dunia yang menggunakan bahan bakar ethanol. Di Asia China akan menjadi proyek percontohan. Wajar jika GM memilih China, tak hanya pasar GM merekah di China. Namun China juga merupakan negara terbesar kedua di dunia dalam konsumsi energi. Ini juga wajar, karena China merupakan negara dengan industri automotif terbesar kedua di dunia di bawah Amerika Serikat. Artinya, mobil dengan jumlah populasi kendaraan terbanyak, pasti juga penyedot energi terbesar.

Menurut wakil presiden GM China, David S Chen, produksi ethanol di China melonjak hingga lima kali lipat mulai 2004 hingga 2008 menjadi 500 juta ton.

Kendaraan menyedot setengah dari konsumsi minyak di China. Menurut Development Research Center of the State Council, kebutuhan minyak di China akan melonjak hingga 60 persen pada 2020. “Saya melihat lebih banyak mobil di jalan-jalan China dari hari ke hari. Ini akan sangat mengkhawatirkan ketersediaan bahan bakar,” ungkap Wes Bolsen, chief marketing officer Colcata, rekan bisnis GM dalam pengembangan biofeul.

Saat ini GM sudah memasarkan 5 juta unit mobil fuel flex di seluruh dunia. Sebanyak 3 juta unit di antaranya laris di AS. GM juga menargetkan pada 2012, setengah dari jumlah mobil yang diproduksi GM di seluruh dunia, sudah dapat menggunakan campuran bahan bakar ethanol. (ton)

Sumber : autos.okezone.com

1 Comment

Filed under Automotives, Transport News

One response to “2020, Populasi Mobil di Dunia Capai 1 Miliar Unit

  1. Pingback: Daur Ulang « Priyo Adi Wicaksono - 190.06.060

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s