KA Argo Muria Anjlok di Cirebon

KA Argo Muria Anjlok di Cirebon

Minggu, 26 Oktober 2008 – 11:00 wib, Dede Suryana – Okezone

CIREBON – Kejadian kereta anjlok terulang kembali. Rangkaian kereta api Argo Muria terpaksa harus terhenti lajunya karena satu gerbong tepat di belakang lokomotif dua as rodanya anjlok.

Kejadian nahas ini terjadi sekira pukul 09.25 WIB di Telagasari, Cirebon, Jawa Barat. Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Tida ada korban. Dua as gerbong paling depan anjlok. Sekarang gerbong di belakangnya akan ditarik,” kata Kepala Humas Daops III Cirebon Suhartono kepada okezone, Minggu (26/10/2008).

Dia menambahkan, saat ini petugas KA sedang menangani gerbong KA Argo Muria yang anjlok tersebut. Diharapkan pada pukul 13.00 WIB nanti, penumpang akan diberangkat menuju kota tujuan.

Disinggung soal penyebab anjloknya KA Argo Muria, Suhartono menyatakan masih dalam penyelidikan. “Nanti penyelidikannya akan dilakukan oleh KNKT,” tandasnya. (mbs)

Evakuasi KA Argo Muria Diperkirakan 3 Jam

Minggu, 26 Oktober 2008 – 12:32 wib, Arief Pratama – Okezone

BANDUNG Proses evakuasi gerbong kereta api Argo Muria yang anjlok sekira pukul 09.25 WIB di Telagasari, Cirebon, Jawa Barat diperkirakan akan memakan waktu 3 jam.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Stasiun Telagasari Agus Salim kepada wartawan, Minggu (26/10/2008). “Proses evakuasi diperkirakan 3 jam ke depan,” katanya.

Sementara keterlambatan perjalanan kereta api yang melintasi daerah tersebut diperkirakan lebih dari 4 jam. Pasalnya sekalipun double track, posisi kereta yang anjlok berada di sebelah kanan dari arah Jakarta.

Sedangkan kereta crane yang akan mengangkut kereta anjlok berada di sebelah kiri, sehingga secara otomatis double track menjadi tertutup.

Selain itu, sebanyak 200 penumpang yang berada di kereta tersebut terbagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama, berangkat kembali dengan kereta yang sama, kedua berangkat dengan menggunakan kereta lain yaitu KA Cirebon Ekspres, dan yang ketiga menggunakan bus yang dicarter Daops III Cirebon. (uky)

Sumber : okezone.com

Minggu, 26/10/2008 10:32 WIB
Argo Muria Anjlok, Lalu Lintas KA Tak Terganggu
Chazizah Gusnita – detikNews

Jakarta – Gerbong pembangkit listrik KA Argo Muria (Gambir-Semarang) anjlok di Telagasari, Cirebon, pukul 09.25 WIB. Sejumlah penumpang akan pindah ke kereta lain setelah sampai di Stasiun Cirebon.

“Penumpangnya akan melanjutkan perjalanan dengan gerbong yang tidak anjlok. Sampai di Cirebon baru ganti kereta,” kata Kahumas PT KA Daops I Akhmad Sujadi kepada detikcom, Minggu (26/10/2008).

Sujadi mengatakan, gerbong yang anjlok masih menunggu evakuasi. Meski anjlok di tengah perjalanan, jadwal keberangkatan sejumlah kereta tidak terganggu karena di Telagasari terdapat dua jalur.

“Nggak ada masalah. Ada dua jalur. Jadi kereta yang lain bisa pakai satu jalur lagi,” imbuhnya.

Sujadi sampai saat ini masih menunggu informasi selanjutnya dari Cirebon. Penyebab anjloknya KA Argo Muria juga masih belum diketahui.(gus/nrl)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Railway Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s