Honda Capai Produksi 200 Juta Unit Sepeda Motor

Dream D-type Sepeda Motor pertama produksi Honda /Ist

Kamis, 30 Oktober 2008 – 14:55 wib, Anton Suhartono – Okezone

TOKYO – Honda Motor mengumumkan produksi komulatif sepeda motornya di seluruh dunia sudah mencapai 200 juta unit. Pencapaian produksi tersebut terjadi pada akhir September 2008.

Ini merupakan tonggak baru bisnis motor Honda yang sudah dimulai sejak 60 tahun lalu. Motor pertama Honda diproduksi pada 1949 dengan menggunakan nama Dream D-type.

Setelah memproduksi motor di Jepang, Honda melakukan ekspansi bisnis dengan membangun pabrik pertama di luar Jepang, yaitu di Belgia pada 1963. Sejak itu, produk Honda semakin digemari dan prinsipal pun terus melakukan ekspansi membangun lebih banyak pabrik lagi di seluruh dunia dengan berpegangan pada prinsip “build product close to the consumer”.

Bagi Honda Motor, sukses di bisnis motor menjadi modal percaya diri untuk menggarap bisnis lain. Setelah itu, Honda mencoba peruntungan dengan membuat mobil.

Saat ini, Honda memiliki 32 pabrik motor yang tersebar di 22 negara seluruh dunia. Sementara fasilitas penelitian dan pengembangannya (R&D) tersebar di Amerika Serikat, Jerman, Italia, Thailand, China, dan India. Fasilitas R&D tersebut bisa dibilang ruh dari sukses produsen sepeda motor terbesar di dunia tersebut. Mengingat dari hasil penelitianlah, Honda menggelontorkan model-model motor yang pas dengan selera konsumen di masing-masing daerah.

Pada 2004, Honda mencatat total produksinya di seluruh dunia sebanyak 10 juta unit. Jumlah tersebut membengkak menjadi 13,47 juta unit selama 2007 atau tumbuh 6 persen dibanding tahun sebelumnya. Pada 2010, Honda menargetkan produksi sebanyak 18 juta unit. Target tersebut sejalan dengan kondisi pasar global, di mana konsumen banyak mencari alternatif transportasi murah di tengah krisis dan kenaikan harga bahan bakar. (ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s