Mengenal Sedikit Tentang Mobil Hybrid

Selasa, 11 November 2008 – 16:25 wib, Prasetyo Adhi – Okezone

ADANYA isu pemanasan global serta menipisnya cadangan minyak dunia, membuat pihak produsen automotif ramai-ramai mengembangkan teknologi hybrid. Baik itu produsen asal Eropa maupun Asia.

Sebenarnya seperti apakah teknologi hybrid itu. Berikut sedikit penjelasan tentang seluk beluk teknologi hybrid.

Dalam Encyclopedia, hybrid yang konteksnya dengan teknologi mesin, merupakan penggabungan antara mesin yang menggunakan bahan bakar minyak (bensin) dengan mesin berpenggerak listrik. Jadi mobil hybrid merupakan kombinasi antara pembakaran di mesin menggunakan bahan bakar konvensional dengan motor listrik.

Bila pada mobil konvensional mengandalkan sumber tenaganya dari bahan bakar, seperti bensin, solar, atau gas untuk bergerak. Pemanfaatan mesin pembakaran internal, tenaga dari hasil pembakaran bahan bakar dimanfaatkan dan diubah menjadi gerakan, yang mampu menggerakkan mobil.

Walaupun secara umum menunjukkan kinerja yang baik dengan harga yang murah, mobil konvensional mengeluarkan emisi gas buang yang tinggi dan menciptakan polusi yang banyak.

Sedangkan pada mobil listrik, listrik diubah menjadi tenaga melalui motor listrik, untuk menggerakkan mobil. Biasanya menggunakan baterai. Sekalipun mobil bertenaga listrik ini ramah lingkungan, tidak bising dan memiliki akselerasi yang baik, dia membutuhkan pengisian dan infrastruktur yang tepat.

Selain itu belum dikembangkan teknologi yang memungkinkan baterai dapat berfungsi untuk waktu yang lama disegala medan jalan, tanpa harus sering mengisi ulang. Merepotkan memang.

Penggunaan dua sistem pada mesin hybrid dapat memaksimalkan kelebihan dari kedua sistem tersebut. Sehingga bisa didapat keinginan untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, dan juga gas buang yang dihasilkan jadi lebih minim.

Karena itulah hybrid diidentikan dengan teknologi ramah lingkungan.

(ahm)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s