Saatnya Beralih ke Mobil Hybrid

Kamis, 20 November 2008 – 11:48 wib, Prasetyo Adhi – Okezone

LOS ANGELES – Setiap tahun ada milyaran kendaraan diproduksi di seluruh dunia. Itu artinya kadar udara di udara makin buruk akibat emisi yang dihasilkan kendaraan tersebut. Untuk itu kini saatnya beralih pada kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Karena jika tidak, kita memerlukan planet lain untuk hidup.

Demikian pernyataan Carlos Ghosn, CEO Nissan dalam pidato dihadapan para wartawan automotif dunia di acara press day LA Auto Show, di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (19/11/2008). Sebagaimana diberitakan autoweek, Carlos mengatakan, 600 milyar kendaraan diproduksi tiap tahunnya di dunia, dan juga tiap tahun muncul 70 milyar kendaraan baru. Ini artinya keadaan udara di bumi ini makin buruk akibat gas buang dari kendaraan yang dipakai manusia.

Setiap industri automotif musti memikirkan masalah serius ini, kata Carlos, mesin dengan bebas emisi gas buang merupakan langkah terbaik demi menuju dunia yang lebih sehat di masa depan, tegasnya.

“Di China, 50 mobil dibutuhkan untuk 1000 orang, sedangkan di Amerika, 800 mobil mewakili 1000 orang. Apa artinya? Bila China dan AS sudah tak mampu lagi menampung jumlah kendaraan, dan udara di kedua negara tersebut penuh dengan CO2, maka kita butuh 11 planet lagi untuk hidup.”kata Carlos kepada wartawan.

Demi merealisasikan penciptaan mesin bebas emisi, mulai 2010 di AS dan Jepang, Nissan akan meluncurkan semua produk hybridnya. “Kami akan tetap membuat perubahan di industri automotif, bila lantas ada orang yang melihat mobil kami dan berkata ‘Oh, itu mobil yang jelek’, tidak apa. Karena biar bagaimana pun produk kami nantinya adalah mobil hybrid. Dan masyarakat akan melihat, mobil kami adalah mobil yang memiliki nilai jual serta ramah lingkungan.”papar Carlos.

(ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s