Puncak Krisis Automotif Global Terjadi Pada 2010

Foto: Ist

Selasa, 28 Oktober 2008 – 17:39 wib

TOKYO – Pimpinan produsen mobil Renault-Nissan Carlos Ghosn mengingatkan, bahwa krisis keuangan global belum sampai pada klimaksnya. Dia meramalkan puncaknya akan terjadi pada 2010.

“Situasi pada 2009 menurun. Ini akan berlanjut pada 2010 jika penurunan keuangan tidak menemukan solusi yang tepat,” jelas Ghosn.

Ghosn menambahkan, industri automotif masih akan terpuruk karena memburuknya pasar di negara yang sedang mengalami pertumbuhan sektor automotif seperti Rusia dan Cina. “Kami belum melihat hal yang paling buruk dari krisis ini,” jelas Ghosn kepada sebuah forum bisnis di Tokyo. Dia mengatakan, meskipun krisis finansial akan berhenti, konsekuensi dari kemunduran pasar dalam hal pengangguran (akan) datang. Sejauh ini kita telah melihat hanya bagian awal dari konsekuensi,” katanya. Karena itu, dia menjelaskan pihaknya akan menguatkan kembali kredit jangka panjang yang mengalami pergolakan.

Perusahaan Nissan Jepang, yang merupakan gabungan dari perusahaan Prancis bernama Renault, melakukan kontrol kuat untuk kondisi seperti ini. Salah satunya yakni dengan memangkas produksi mobil mewah untuk ekspor ke Amerika Serikat (AS). Selain itu, mereka mengurangi 1.680 pekerja di Spanyol sebagai bagian dari respons atas permintaan yang terus jatuh.

“Saya kira kami berada di kondisi air yang belum terpetakan,” katanya.

Renault telah menutup hampir seluruh pabriknya di Prancis setidaknya selama satu minggu dan telah memotong operasional target margin tahun ini.

Pada saat krisis besar terjadi, Ghosn mengatakan perusahaan harus fokus terhadap tujuan jangka pendek, yaitu menjaga kondisi keuangan mereka.

“Jangka pendek harus diperhatikan. Ini merupakan hal yang sangat serius. Hari ini, jangka pendek adalah tentang pengelolaan uang tunai,” tegasnya.

(Susi Susanti/Sindo/ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s