Atasi Macet, Jam Sekolah di Jakarta Dimajukan

Sumber : okezone.com

Jum’at, 21 November 2008 – 14:51 wib, Syaiful Erik Susanto – Okezone

JAKARTA- Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengatasi kemacetan. Dari membangun busway hingga waterway. Kali ini, Pemprov DKI Jakarta memajukan jam masuk sekolah menjadi pukul 06.30 WIB, setengah jam lebih cepat dari biasanya.

Begitupun dengan jam masuk kantor di perusahaan swasta juga ikut penyesuaian. Jam kantor di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat mulai pukul 07.30 WIB, sedangkan di Jakarta Barat dan Jakarta Timur menjadi pukul 08.00 WIB. Sementara itu, untuk wilayah Jakarta Selatan, jam masuk kantornya pada pukul 09.00 WIB.

Pengaturan jam sekolah dan kerja ini direncanakan mulai berlaku pada Januari 2009. Pengubahan waktu tersebut tidak termasuk pada jam masuk kerja PNS atau kantor yang berada di lingkungan pemerintah yang masuk pukul 07.30 WIB.

Mengenai perubahan jam sekolah dan kerja ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto, Jumat (21/11/2008) mengatakan, banyak manfaat di antaranya akan menguranngi tingkat kemacetan sebesar 6-14 persen. Selain itu, kata dia. waktu tempuh ke sekolah semakin cepat, hemat bahan bakar dan para siswa pun lebih segar atau fresh dalam menerima pelajaran.

Untuk jam kerja kantor swsta, Wagub mengatakan, hal ini bukan peraturan gubernur tetapi merupakan imbuan dan ajakan kepada perusahaan swasta untuk mengurangi tingkat kemacetan di DKI.

Sementara itu, berdasarkan hasil survei konsultan transportasi, PT Pamintori tahun 2008, menunjukan pengaturan jam belajar dan jam kerja mampu mengurangi kemacetan 6-14 persen.

Hal itu berdasarkan klasifikasi perjalanan warga di Jakarta sepanjang 2008. Yaitu jumlah perjalan pekerja sekitar 5,6 juta per hari atau 32 persen, Total perjalan sekolah 5,3 juta perhari atau 30 persen, jalanan belanja 2,1 juta atau 12 persen, perjalanan bisnis 1,4 juta atau 8 persen, perjalanan lain-lain 3,1 juta atau 18 persen.(ram) (mbs)

Efektivitas Perubahan Jam Masuk Sekolah Diragukan

Jum’at, 21 November 2008 – 16:00 wib, Dadan Muhammad Ramdan – Okezone

JAKARTA– Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) meragukan perubahan jam masuk sekolah dan kerja yang akan diberlakukan Pemprov DKI Jakarta dapat mengurangi tingkat kemacetan.

Meski demikian, dia mengatakan, langkah seperti itu patut dicoba sebagai terobosan dalam mengatasi kemacetan di DKI Jakarta. “Saya nggak yakin, tapi sebagai gagasan baru, apa salahnya untuk dicoba,” ujar Ketua Ketua Bidang Advokasi MTI Darmaningtyas saat berbincang dengan okezone via telepon, Jumat (21/11/2008).

Menurutnya, gagasan tersebut perlu dicoba untuk mengetahui apakah ada efeknya atau tidak dalam mengurangi angka kemacetan. “Ya, coba aja terapkan dulu dalam setahun, baru dievaluasi bagaimana efektivitasnya,” imbuhnya.

Dalam hal ini, kata dia, yang perlu digarisbawahi adalah sejauhmana daya dukung dari kebijakan tersebut. Jika tidak ada, tentunya tidak akan membuahkan hasil apa-apa. “Misalnya bagi anak sekolah, apakah didukung dengan penyediaan bus sekolah yang memadai?” paparnya.

Apabila pelajar berangkat ke sekolah tetap menggandalkan kandaraan keluarga, dan berangkat dalam waktu bersamaan, sama juga bohong. “Justru disini bagi sekolah bagaimana membudayakan pengunaan sepeda bagi pelajar yang jarak tempuhnya pendek. Selaih murah, hemat juga berdampak baik bagi kesehatan,” ujar Darmaningtyas.

Lebih lanjut dia mengungkapkan pengubahan jam masuk tidak menjadi problem bagi sekolah atau pelajar. “Itu soal siklus saja. Kalau yang berangkat pagi, pulangnya akan lebih siang. Jadi waktu di rumah buat istirahat atau belajar lebih panjang.”

Bagi kalangan swasta juga sama demikian. Biasanya perusahaan swasta sudah memiliki pengaturan waktu bagi layanan kepada relasinya. “Tidak menjadi masalah dan bisa menyesuaikan,” pungkas Darmaningtyas. (ram)

Leave a comment

Filed under Traffic System, Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s