Bus Sekolah Kembali Beroperasi Bulan Desember

Minggu, 23 November 2008 – 22:00 wib

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali mengoperasikan bus sekolah pada Desember 2008 sembari menunggu proses tender berakhir.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bus Sekolah Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sihol Sijabat mengatakan, bus sekolah yang digunakan sebagai sarana transportasi khusus anak-anak sekolah akan kembali diaktifkan pada Desember. Mereka akan dioperasikan pada rute yang telah ada dengan jadwal operasional tetap.

Menurut Sihol, saat ini pengoperasian bus berwarna kuning tersebut masih terganjal proses tender perusahaan yang akan menjadi operator bus. Tender yang dilaksanakan sejak pertengahan Oktober lalu berhasil menjaring lima perusahaan yang akan memperebutkan posisi menjadi operator utama. “Kami berusaha memilih perusahaan yang konsisten memberikan pelayanan publik di bidang transportasi ini,” katanya di Jakarta, Minggu (23/11/2008).

Perusahaan tersebut akan dipilih berdasarkan rekam jejak, penawaran harga, dan kelengkapan administrasi. Tak hanya itu, pihaknya juga akan memilih perusahaan mana yang cara pengelolaan busnya lebih baik. Pempov DKI sendiri akan menyiapkan dana untuk kontrak selama enam bulan sebesar Rp4 miliar yang akan digunakan untuk biaya bahan bakar, gaji sopir, pemeliharaan, konsumsi.

Sihol menambahkan, pengumuman pemenangnya sendiri menunggu surat keputusan yang rencananya akan dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pada akhir November. Setelah itu 37 bus yang saat ini masih mendekam di Pool Bus Transjakarta (eks Pool Bus PPD) di Kramatjati, Jakarta Timur, akan kembali melayani anak sekolah.

Ke-37 bus sekolah tersebut mempunyai dua rute utama dan rute penghubung. Rute utamanya adalah Lapangan Banteng-Kemayoran, Tanjung Priok-Pulogadung, Kampung Melayu-Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta Pasar Minggu-Kawasan CSW Kebayoran Baru. Sementara dua rute penghubung yaitu Cawang-Grogol dan Cawang-Plumpang.

Dengan adanya perubahan masuk sekolah yang akan digulir pada Januari 2009 jadwal operasi pada pagi hari pun mengalami perubahan yaitu pukul 05.15 WIB-07.00 WIB, namun untuk waktu operasional siang dan sore hari tidak ada perubahan yaitu pukul 11.00 WIB – 13.00 WIB, dan pukul 15.00 WIB – 18.00 WIB.

Bus sekolah yang diluncurkan pada 2007 lalu sempat berhenti beroperasi karena gagalnya proses tender pertama pada Juli lalu. “Saat itu para peserta tender semuanya bermasalah. Satu peserta bermasalah dengan akta perusahaan. Sementara, sisanya dua perusahaan tak sanggup menyediakan modal yang diminta panitia,” jelasnya.  (Neneng Zubaidah/Sindo/ful)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Public Transportation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s