Denda Pelanggaran Sabuk Keselamatan di Inggris Ditingkatkan

Foto: myride.com

Senin, 24 November 2008 – 16:37 wib, Prasetyo Adhi – Okezone

LONDON – Tahun depan, pemerintah Inggris akan memberlakukan denda bagi pengendara mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman dinaikkan menjadi 30 Euro atau sekitar Rp900 ribu. Penetapan hukuman ini dilakukan untuk mengurangi kematian akibat kecelakaan mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman tersebut.

Departemen Transportasi Inggris mencatat setiap tahun sekitar 565 orang meninggal dunia karena kecelakaan akibat tidak menggunakan sabuk pengaman. Apabila pengemudi dan penumpang menggunakan sabuk keselamatan, maka di perkirakan 300 jiwa akan tertolong.

Namun beberapa masyarakat pesimis dengan regulasi baru ini, karena jumlah kepolisian di jalan raya Inggris dianggap lebih sedikit dari pada sepuluh tahun lalu. “Pemberian denda hanya akan memberi efek yang kecil, sebab harus ada banyak polisi lalu lintas yang memperhatikannya.”ungkap seorang masyarakat sebagaimana diberitakan Dailymail.co.uk.

Pemerintah Inggris memperkirakan setidaknya 60 ribu orang meninggal dunia dan 670 ribu menderita cedera serius akibat melanggar peraturan yang telah dibuat sejak 1983 itu. Departemen Transportasi juga memperkirakan pelanggaran terjadi sebanyak 14 persen dari pengguna mobil, diantaranya berusia 17 – 34 tahun.

Tahun 2007 tercatat 942 pengendara meninggal dunia dan 490 penumpang tewas, sepertiga dari mereka meninggal akibat tidak menggunakan sabuk mengaman.

Bagaimana dengan di negara kita? Tahun 2004 saja di Jakarta sudah terjadi sekitar 6000-an kecelakaan mobil, dan 40 persennya meninggal serta mengalami luka serius akibat tidak menggunakan sabuk keselamatan. Karena itu di tahun yang sama Polda Metro Jaya memberlakukan UU No. 14 Tahun 1992 yang memberikan denda maksimal Rp1 juta dan kurungan satu bulan penjara bagi mereka yang melanggar peraturan ini.

Tetapi pada prakteknya, hingga saat ini masih banyak pengguna mobil yang enggan menggunakan sabuk keselamatan. (ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Traffic Safety

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s