Ratusan Sopir Angkot Balikpapan Tolak Bus Massal

Senin, 24 November 2008 – 10:19 wib, Amir Sarifudin – Okezone

BALIKPAPAN – Sekitar seribu sopir angkutan umum (angkot) se-Kota Balikpapan melakukan aksi demonstrasi. Mereka demo dengan cara mogok narik.

Aksi yang digelar sejak pukul 08.00 Wita itu digelar di depan Gedung DPRD Kota Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan. Mereka berdemo menolak rencana Pemkot Balikpapan untuk pengadaan bus angkutan massal yang mulai beroperasi pada Januari 2009.

Sebanyak 22 orang perwakilan sopir angkot tampak diterima oleh Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong, Asisten I Pemkot Chairil Anwar, Kepala Dinas Perhubungan Kadarsah dan sejumlah anggota DPRD. Mereka mengaku mendukung penolakan tersebut.

“Kami mendukung penolakan keberadaan bus angkutan massal, cuma untuk pembubaran Forkapad (Forum Komunikasi Pengusaha Angkutan Balikpapan) perlu waktu untuk dilakukan peninjauan dahulu,” kata Andi Burhanuddin di Balikpapan, Senin (24/11/2008).

Diketahui, para pendemo ini tidak hanya menolak rencana pengadaan bus angkutan massal tapi juga mendesak dibubarkannya Forkapad. Sebab, Forkapad dinilai tidak sejalan dengan aspirasi para sopir yang menolak keberadaan bus angkutan massal.

Saat berdemonstrasi, mereka juga melakukan penyisiran pada sopir angkot lainnya yang narik angkot mereka. Namun begitu, demo yang dijaga sekira seratus personel dari Polres Balikpapan berjalan aman dan terkendali.

Sekitar pukul 11.15 Wita, demo selesai dilakukan dan para sopir kembali narik penumpang. (lsi)

Leave a comment

Filed under Public Transportation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s