Macet Bikin Rugi Warga Jakarta Rp 48 Triliun per Tahun

Rabu, 26/11/2008 17:32 WIB
Macet Bikin Rugi Warga Jakarta Rp 48 Triliun per Tahun
Taufiqqurahman – detikNews

Jakarta – Bicara soal kemacetan di ibukota DKI Jakarta tidak akan pernah selesai. Semakin hari kemacetan Jakarta semakin parah. Ternyata akibat kemacetan tersebut masyarakat Jakarta mengalami kerugian Rp 48 triliun per tahun.

“Kerugian yang diderita masyarakat akibat kemacetan di DKI Jakarta diprediksi mencapai 48 triliun per tahun,” ujar Direktur PT Parmintoris, Deddy Aries di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (26/11/2008).

PT Parmintoris merupakan rekanan dari Pemprov DKI Jakarta. Wagub DKI Jakarta rencananya akan memajukan jam masuk anak sekolah pada 1 Januari 2009. Parmintoris menggunakan data hasil penelitian lembaga studi Sitramp tahun 2004 dan Dikmenti tahun 2004.

Survey itu diambil dari 1.075 sekolah dengan metode random sampling dan diambil 240 sekolah yang tersebar pada 16 sanggar SMA dan 8 kelompok kerja SMA. PT Parmintoris melakukan survey di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Menurut Deddy, kerugian itu mencakup polusi inproduktivitas, pemborosan BBM. Setiap hari puncak kemacetan tersebut selalu dialami pada pagi dan sore hari.

“Puncak macet pagi hari pukul 06.30-09.00 WIB dan sore hari pukul 16.30-19.30 WIB,” ujarnya.

Kemacetan tersebut, lanjut Deddy, mengakibatkan stres yang tinggi, meningkatnya polusi udara, dan terganggunya kegiatan bisnis. Di sisi lain, kemacetan ini imbasnya pada perkembangan angkutan massal akibat lalu lintas yang macet.

Upaya jangka pendek, maka direncanakanlah untuk memajukan jam masuk anak sekolah. Meskipun dengan memajukan jam masuk itu tidak bisa mengatasi kemacetan.

“Hanya mengurangi kemacetan saja. Untuk anak sekolah bisa mengurangi kemacetan 6-14 persen dan pekerja swasta 15-25 persen,” jelasnya.(gus/gah)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Traffic System, Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s