Toyota Diperkirakan Rugi Hingga USD1,1 Miliar

Toyota Motor Corp. Foto: AP

Minggu, 14 Desember 2008 – 11:39 wib, Candra Setya Santoso – Okezone

TOKYO – Perusahaan raksasa di Jepang, Toyota dimungkinkan akan menderita kerugian USD1,1 miliar pada semester II-2008 akibat dilanda krisis global berkepanjangan.

Seperti dilansir dalam AFP, Minggu (14/12/2008), Toyota Motor Corp kemungkinan menderita kerugian operasional sebesar 100 miliar yen atau setara USD1,1 miliar untuk enam bulan hingga Maret 2009.

Hal tersebut akan menjadi kerugian operasional pertama kalinya untuk Toyota sejak 1999.

Adapun pada November lalu, Toyota Motor Corp telah merevisi kecenderungan menurunnya prediksi keuntungan bersihnya menjadi 550 miliar yen pada tahun berjalan hingga Maret, atau turun dari 1,25 triliun yen dari proyeksi sebelumnya. Angka tersebut menurun 68 persen dari tahun sebelumnya.

Kendati demikian, sebuah laporan baru menyebutkan, Toyota akan menurunkan lagi proyeksi penjualan dan pendapatannya karena perusahaan itu telah merugi akibat terjadi penurunan tajam dalam penjualan mobil global dan apresiasi yen yang berlanjut terhadap dolar.

Selain itu, Toyota telah mengasumsikan penurunan nilai tukar per 100 yen terhadap dolar untuk periode Oktober-Maret menjadi sekira 90 yen, terutama disebabkan munculnya kekhawatiran seputar kesulitan yang dialami industri mobil AS di masa datang.

Toyota akan menikmati peningkatan penjualan dan keuntungan karena minat kuat di kendaraan hemat energinya. Tetapi perusahaan itu mengatakan para manajer utamanya meninjau kembali rencana ekspansinya mengingat terjadinya pelemahan ekonomi global. (ade)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s