Kapal Tenggelam di Perairan Bali, 40 Penumpang Terjun Bebas

Sabtu, 3 Januari 2009 – 00:05 wib

Okezone.com

DENPASAR – Kapal Motor Lian Senggigi bocor dan tenggelam di perairan Klungkung, Bali. Sebanyak 40 penumpang selamat setelah terjun ke laut.

Dari total jumlah penumpang, 35 orang diantaranya adalah warga negara asing seperti dari Australia, Jerman, Inggris dan Swedia. Mereka adalah turis yang usai berlibur di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Lima penumpang lagi warga Indonesia dan empat kru kapal.

Musibah terjadi setelah kapal bertolak dari Gili Terawangan Lombok menuju Pulau Serangan Denpasar, Jumat (2/1/2009). Namun, saat tiba di lokasi sekitar pukul 14.30 Wita, lambung kanan kapal tiba-tiba bocor akibat dihantam ombak hingga membuat air masuk ke dalam kapal.

Kepanikan langsung menyeruak. Di tengah situsasi itu, nahkoda kapal Agung Purnomo dan kru kapal segera memerintahkan seluruh penumpang untuk terjun ke laut dengan mengenakan pelampung yang telah disediakan. Dalam waktu cepat, kapal pun akhirnya tenggelam di tengah laut sekitar satu kilometer dari daratan.

Sebagian besar penumpang akhirnya berhasil mencapai daratan dengan cara berenang secara bergandengan. Sebagian lagi hanyut terbawa gelombang Beruntung mereka akhirnya berhasil diselamatkan oleh nelayan.

Salah satu penumpang Barbara Mang (55) mengaku, kejadian itu berlangsung cepat. Turis asal Jerman ini selamat setelah berenang bersama sebagian penumpang lainnya hingga mencapai daratan.

“Saya berlibur di Lombok sekitar sepekan dan rencananya melanjutkan liburan ke Bali. Baru tanggal 5 Januari rencananya pulang ke Jerman,” ujarnya. (Miftachul Chusna/Sindo/teb)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Water Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s