Soal Busway, Pemprov DKI Dinilai Masih Buruk

Jum’at, 2 Januari 2009 – 03:05 wib

Okezone.com

JAKARTA – DPRD DKI Jakarta menilai kinerja Pemprov DKI Jakarta selama setahun ini masih buruk. Hal ini terlihat dari program pembangunan dan fasilitas publik yang masih terbengkalai.

Ketua DPRD DKI Jakarta Ade Surapriatna mengatakan, fasilitas busway dimulai dari armada, pertambahan koridor dan fasilitas penunjang lain seperti halte dan jembatan penyeberangan yang diharapkan menjadi solusi kemacetan di Jakarta, masih belum sempurna.

Padahal, kata dia, busway yang beroperasi sejak 2004 ini masuk dalam konsep pola transortasi makro yang tertuang dalam Perda No 12 Tahun 2003.

Sementara, tindak lanjut dari Perda tersebut adalah Peraturan Gubernur Nomor 84 Tahun 2004 tentang Penetapan Program Pola Transportasi Makro DKI Jakarta. Masalah kemacetan memang menjadi isu khusus para anggota dewan karena belum dapat terselesaikan secara maksimal sejak bertahun lalu. Disamping itu pihak eksekutif pun belum mampu mengatasi pesatnya jumlah pertumbuhan kendaraan pribadi. “Ini harus ditindaklanjuti oleh pihak eksekutif,” ujarnya, Kamis (1/1/2009).

Kedepannya, busway harus terpadu dengan angkutan umum lainnya. Perubahan minat masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum dapat dilakukan dengan pengelolaan badan layanan umum yang professional dan transparan.

Selain busway yang diminta segera diperbaiki, anggota dewan pun mengharapkan agar program Mass Rapid Transit (MRT) yang telah dikukuhkan dengan Perda Nomor 3 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Perda No 4 Tahun 2008 Tentang Penyertaan Modal Daerah pada Perseroan Terbatas (PT) MRT Jakarta segera terealisasi secepatnya. (Neneng Zubaidah/Sindo/teb)

Leave a comment

Filed under Public Transportation, Transport News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s