Pesawat Merpati Pecah Ban di Bandara Hasanuddin Makassar

Jumat, 16/01/2009 13:34 WIB
Pesawat Merpati Pecah Ban di Bandara Hasanuddin Makassar
Arifin Asydhad – detikNews

Jakarta – Kecelakaan pesawat kembali terjadi. Pesawat Merpati jurusan Makassar-Timika mengalami pecah ban di Bandara Hasanuddin Makassar. Hingga puku 13.30 WIB atau 14.30 WITA, Jumat (16/1/2009), evakuasi pesawat itu terus dilakukan.

Corporate Secretary PT Angkasapura I Heny Dewanto  membenarkan pecah ban ini. “Benar, pesawat Merpati tujuan Timika,” kata Heny Dewanto saat dihubungi detikcom.

Pesawat bernomor registrasi MZ 762 ini mengalami pecah ban sebelah kiri saat akan melakukan take off. Kejadian ini terjadi pada pukul 10.10 WITA.

Karena pesawat ini mengalami pecah ban di runway, maka jadwal penerbangan di Makassar terganggu. Penerbangan pesawat-pesawat menunggu proses evakuasi pesawat Merpati tersebut.

Saat ini, petugas PT Angkasapura I masih melakukan proses evakuasi pesawat naas itu. Semua kru dan pesawat tersebut selamat dalam kecelakaan ini. (asy/nrl)

Jumat, 16/01/2009 13:49 WIB
Merpati Pecah Ban
Dua Ban Pecah, Pesawat Telah Ditarik dari Landasan
Nala Edwin – detikNews

Jakarta – Pesawat Merpati Jurusan Makassar-Timika yang mengalami pecah ban di Bandara Hasanuddin, Makassar, Sulsel, sudah ditarik dari landas pacu.

“Ada dua ban di samping pesawat yang pecah,” kata Corporate Secretary Merpati Purwatmo kepada detikcom, Jumat (16/1/2009).

Menurut Purwatmo, saat hendak lepas landas, pilot merasakan ada yang tidak beres dengan pesawat tersebut. Akhirnya pilot memutuskan untuk tidak jadi menerbangkan pesawat.

“Setelah dicek ternyata ada ban yang pecah,” katanya.

Purwatmo menjelaskan, saat ini pesawat telah ditarik dari landasan dan penumpang dibawa ke ruang tunggu Bandara Hasanuddin. “Tidak ada korban dalam kecelakaan itu,” katanya.

Purwatmo menyatakan, saat ini teknisi sedang melakukan perbaikan pesawat. Jika memang bisa diperbaiki maka pesawat akan diterbangkan kembali.

“Kalau tidak bisa kita akan usahakan penggantinya,” katanya.

Mengenai penyebab kecelakaan, Purwatmo mengaku belum mengetahuinya. “Penyebabnya masih diselidiki,” katanya.(nal/iy)

Jumat, 16/01/2009 14:06 WIB
Merpati Pecah Ban, Bandara Hasanuddin Sempat Ditutup
Arifin Asydhad – detikNews

Jakarta – Pesawat Merpati MZ 762 tujuan Makassar-Timika gagal take off di Bandara Hasanuddin, Makassar. Pesawat mengalami pecah ban belakang bagian kiri. Runway bandara Hasanuddin sempat ditutup.

Penjelasan Corporate Secretary PT Angkasapura I, Heny Dewanto, pesawat yang membawa 164 orang dan 7 kru itu mengalami pecah ban saat akan melakukan take off sekitar pukul 10.10 Wita, Jumat (16/1/2009). Posisi pesawat saat itu berada di ujung runway 13.

“Pesawat mengalami pecah roda belakang kiri. Runway diputuskan ditutup hingga pukul 11.30 Wita,” kata Heny saat dihubungi detikcom. Pesawat itu dipiloti oleh Captain RD Sarjito dengan copilot Yanuar Trisanto.

Roda pesawat Merpati yang pecah itu sudah diganti. Saat ini, pesawat tersebut sedang ditarik ke apron. Seluruh penumpang dan kru pesawat tersebut selamat.

Pihak KNKT berencana akan menyelidiki kasus ini.(asy/nrl)

Jumat, 16/01/2009 14:21 WIB
Merpati Pecah Ban di Makassar, Penerbangan 5 Pesawat Terganggu
Arifin Asydhad – detikNews

Jakarta – Selama runway Bandara Hasanuddin ditutup gara-gara ada pesawat Merpati pecah ban, ada penerbangan lima pesawat yang terganggu. Tiga pesawat terpaksa dialihkan mendarat di bandara lain, sedangkan dua pesawat yang siap take off ke Makassar harus kembali ke tempat parkir.

Menurut Corporate Secretary PT Angkasapura I, Heny Dewanto, saat runway ditutup untuk pendaratan, ada tiga pesawat yang sudah take off menuju Makassar. Namun, ketiga pesawat itu harus dialihkan ke bandara Balikpapan untuk mendarat akibat penutupan runway bandara tersebut.

Ketiga pesawat itu adalah Garuda GA 620 yang terbang dari Denpasar GA 602 yang take off dari Bandara Cengkareng (Jakarta), dan Jatayu JT 795 yang take off dari Jayapura.

Sedangkan dua pesawat yang siap take off dan terpaksa kembali ke parkir bandara adalah pesawat Sriwijaya 568 di Bandara Palu dan Express Air di Bandara Cengkareng.

Pesawat Merpati MZ 762 tujuan Makassar-Timika itu mengalami pecah ban belakang pada pukul 10.10 Wita, Jumat (16/1/2009). 164 Penumpang dan 7 kru pesawat selamat. Hingga pukul 15.10 Wita, pesawat naas itu sudah ditarik ke apron, dan operasional penerbangan dari dan ke bandara Hasanuddin sudah normal kembali.
(asy/nrl)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Air Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s