Nahkoda KM Teratai Prima Jadi Tersangka

Senin, 19 Januari 2009 – 15:10 wib

PAREPARE – Nahkoda KM Teratai Prima, Sabir (40) resmi ditetapkan oleh Mapolwil Parepare sebagai tersangka dalam kasus tenggelamnya KM Teratai Prima di Perairan Majene Sulawesi Barat.

Kapolwil Parepare Kombes Pol Roeslan Nicola menyebutkan, berdasarkan keterangan dan bukti-bukti yang didapatkan dalam pemeriksaan selama satu minggu terakhir, Sabir diduga melakukan kelalaian sehingga KM Teratai Prima tenggelam di sekitar Tanjung Batu Roro Majene Sulbar.

Dijelaskan Roeslan, akibat kelalaian nahkoda itu, KM Teratai Prima tenggelam dan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

“Dia diancam dengan pasal 359 KUHP tentang perbuatan lalai yang mengakibatkan matinya orang lain. Akibat perbuatan itu, nahkoda diancam dengan hukuman penjara 5 tahun,” jelas Kapolwil.

Selanjutnya, Sabir yang hingga saat ini masih ditahan di Mapolwil Parepare, akan diperiksa sebagai tersangka dalam kasus tenggelamnya KM Teratai Prima. Disinggung soal kemungkinan adanya pihak lain yang akan dijadikan tersangka dalam kasus tersebut, Roeslan enggan memberi keterangan.

Sejauh ini, polisi telah memeriksa sejumlah anak buah kapal (ABK), yang namanya dirahasiakan oleh Mapolwil. Namun berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh Kantor Administrasi Pelabuhan (Adpel) Parepare pada Minggu pukul 11.30 Wita, tentang nama ABK yang selamat, atas nama Ahmad (40), Allang (17), dan Oppa (40).

Sejumlah jajaran pimpinan di Kantor Administrasi Pelabuhan Parepare, juga telah diperiksa oleh penyidik. Di antaranya Kepala Adpel Parepare Nurwahidah, Kepala Seksi (Kasi) Kelaiklautan Kapal Taufik Bulu, serta Kasi Lalu Lintas dan Kepelabuhanan Thomas Luther Biuk.

Penyidik juga telah memeriksa sejumlah agen yang menjual tiket KM Teratai Prima. “Untuk sementara hanya itu. Kita tunggu saja hasil pemeriksaan selanjutnya. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk segera menyelesaikan kasus ini,” pungkas Roeslan.(M Syahlan/Sindo/nov)

Source : okezone.com

Leave a comment

Filed under Water Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s